• Wed. Oct 20th, 2021

Benny Ratag: Olly Punya Jaringan dan Kompetensi di Level Nasional

Byadmin

Sep 23, 2015 ,

Jakarta, SULUTHEBAT.com – Benny Ratag, ekonom lulusan Erasmus University, Belanda ini mengatakan, dalam mekanisme yang berlaku di Indonesia kini, tidak bisa dihindari lagi pemimpin daerah sebaiknya yang telah berpengalaman di dalam jaringan dan kompetensi pengambil keputusan nasional. Pemimpin dimaksud juga mempunyai hubungan baik dengan pihak-pihak pemegang kunci anggaran, maupun pemegang kunci keputusan pembangunan yang perlu dan tidak perlu dilaksanakan. Kondisi ini fakta dalam negara kita dengan sistem yang sebagian desentralistik, sebagian lagi sentralistik.

Pemimpin daerah yang demikian diperlukan jika kita berharap bahwa rancangan rancangan pembangunan dapat berhasil dan disetujui pusat. Di samping itu pengalaman atau kemampuan melobi yang melekat pada sosok pemimpin daerah adalah keahlian teknis yang diperlukan dalam sistem atau mekanisme pusat dengan daerah saat ini.

Berdasarkan pengamatan, kata Benny Ratag, Olly memiliki kemampuan mumpuni seperti yang diutarakan tadi. Dalam hal melobi para menteri atau sesama legislatif di pusat Olly bukan hanya diakui kemampuannya, tetapi lebih dari itu Olly piawai dan ini diakui oleh sesama anggota DPR RI. Jadi beruntung sekali apabila Olly mendapat kesempatan berkiprah di Sulut.

Terpisah, Dr Wilson Wenas mengatakan, pemerintahan baru Sulut ke depan dipastikan bakal mampu meneruskan banyak program yang sudah dimulai SHS. Apalagi, pasangan ini bukan betul-betul baru, sebab faktanya interaksi dengan Pemerintahan Daerah sudah berlangsung sejak 2004 lalu saat Olly dan Steven menjadi Anggota DPRD dan DPR RI. Pasti mereka sudah memahami apa kebutuhan rakyat Sulut, kata Wilson Wenas.