Home / Budaya / Soal IPM, Olly Sebut Kembalikan Kejayaan Spirit Ngaasan

Soal IPM, Olly Sebut Kembalikan Kejayaan Spirit Ngaasan

MANADO. SULUTHEBAT.com. Pada sesi pendalaman Visi Misi debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Sabtu (7/10), kemarin, nampak sekali Olly Dondokambey menunjukkan kepiawaiannya sebagai figur yang paham masalah daerah.

Pertanyaan tentang indeks pembangunan manusia (IPM) yang ditanyakan moderator kepada pasangan nomor 1, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dijawab lugas oleh Olly Dondokambey. Moderator debat, Philip Morse Regar yang tampil elegan memberi kesempatan 3 menit untuk menjawab dan langsung dijawab dengan gamblang.

Memang posisi IPM Sulut sekarang ini mengalami kemunduran yang tadinya berada pada posisi ke tiga secara nasional, kini turun jauh pada urutan ke-7. Karena itu, pasangan Olly Steven bertekad bila dipercaya rakyat Sulut, maka mereka akan memastikan mampu menaikan IPM. Kita dulu pernah sangat berjaya di kenal di seluruh nusantara sebagai penghasil guru-guru dan pendidik. Bahkan sifat dan karakter masyarakat Minahasa yang dikenal dengan spirit Ngaasan atau berintelektual. Tidak heran bila di jaman sebelum kemerdekaan kita sudah melahirkan orang-orang seperti Sam Ratulangi, Maramis, Palar, dsb.

Meski variabel pembentuk IPM tidak melulu soal pendidikan, tapi juga soal kemiskinan, kesetaraan gender, kesehatan, dan lapangan pekerjaan, yang sejumlah indikator lainnya yang juga disebutkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

“Secara umum tentu kita akan memastikan tingkat kesejahteraan masyarakat naik, pendapatan menjadi lebih baik, dan tingkat kesejahteraan juga meningkat. Di bidang pendidikan kita akan tingkatkan kualitas serta memperpanjang usia lama sekolah, serta keseriusan pemerintah untuk memastikan pendidikan bagi anak-anak yang berusia wajib belajar untuk tidak berhenti sekolah. Di bidang kesehatan misalnya kita akan memastikan 1000 hari pertama usia bayi harus terpenuhi dengan gizi yang cukup, semua indikator lainnya yang akan kita tingkatkan kualitasnya,”tutur Olly Dondokambey.***

About Redaksi SulutHebat

Media informasi kinerja dan keberhasilan pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw

Check Also

Hari otonomi daerah, Wagub bacakan amanat mendagri

Manado – SULUTHEBAT.COM Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-23 dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara …