• Sat. Oct 23rd, 2021

Hari ke-2 MK Gelar 45 Perkara Pilkada, Termasuk Minsel, Minut dan Sulut

Mahkamah KonstitusiSULUTHEBAT.COM, JAKARTA – Sebanyak 147 sengketa Pilkada serentak mulai disidangkan Mahkamah Konstitusi (MK) hingga 7 Maret mendatang, sengketa-sengketa ini akan ditangani 9 hakim konstitusi yang dibagi dalam tiga panel sidang.

Dihari kedua penanganan sengketa pilkada serentak, Jumat (8/1)  MK mulai mendengarkan materi pemohon dari 45 perkara berbeda Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di 4 provinsi. Diantaranya provinsi Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Riau.

Panel 1 dimpimpin ketua MK Arief Hidayat dan didamping I Dewa Gede Palguna serta Manahan Sitompul akan menyidangkan 16 perkara PHP.  Ke 16 perkara tersebut adalah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Melawi, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Boven Digoel (2 perkara), Kabupaten Situbondo, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Malang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kota Tomohon, Kabupaten Sumenep, dana Kabupaten Jember.

MK sendiri memiliki 45 hari hingga 7 Maret untuk dapat memutuskan sengketa Pilkada.

Menurut juru bicara MK, Fajar Laksono Suroso, tidak melihat adanya kerawanan konflik sebagai alasan memutuskan sengketa, karena yang dinilai ialah bagaimana sebuah pilkada berjalan sesuai konstitusi. “MK optimis penanganan sengketa pilkada akan tepat waktu meski banyaknya sengketa yang teregistrasi. Jumlah ini lebih sedikit dibanding sengketa Pileg 2014 lalu,” kata Fajar.

Sidang ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Masing-masing pemohon diberi waktu membacakan ringkasan permohonannya selama 30 menit. Kemudian, hakim MK akan memberikan tanggapan dan koreksi dalam rangka pendalaman dan perbaikan permohonan.

Sidang ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Masing-masing pemohon diberi waktu membacakan ringkasan permohonannya selama 30 menit. Kemudian, hakim MK akan memberikan tanggapan dan koreksi dalam rangka pendalaman dan perbaikan permohonan. (Carlos/ Hmk)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...