• Wed. Oct 27th, 2021

Tangguhkan Kepsek Sanger, Roring Sesalkan Kisruh di SMKN 4 Manado

ByRedaksi SulutHebat

Jan 15, 2016

SMK N 4 ManadoSULUTHEBAT.COM, MANADO – Persoalan yang terjadi di SMKN 4 Manado membuat Penjabat Wali Kota Manado Ir Royke Roring ‘naik pitam’. Roring menyayangkan adanya siswa yang terlibat langsung atas penempatan Kepala Sekolah Jaane Sanger. “Yang saya sesalkan dalam masalah ini siswa ikut terlibat. Seharusnya tidak demikian. Saya tidak mau siswa jadi bodoh,” ujar Roring.

Menurutnya, persoalan yang terjadi tersebut melibatkan banyak orang. Makanya, baru-baru ini Kepala Dinas Pendidikan Manado Corry Tendean bersama Kepsek Jeane Sanger serta sejumlah guru sekolah dipertemukan di kantor wali kota di ruang kerja. “Tapi sayangnya dari semua penjelasan yang saya dengar memang mereka sudah sulit untuk dipertemukan dan harus cari jalan keluar,” jelas lagi Roring sambil lagi menyatakan menyayangkan siswa-siswa sampai demo bahkan mogok belajar.

Dari peristiwa itu kata Roring, para siswa tidak mampu untuk berbuat nekat jika tidak ada yang mendalanginya. Makanya hal tersebut sangat disesalkan. “Saya harus ingatkan, ketika ada persoalan seperti ini, seharusnya dibicarakan bersama. Kalau seperti maka akan banyak yang korban,” terangnya sambil berharap peristiwa ini tidak terulang lagi.

Mengatasi persoalan tersebut lebih jauh dikatakan Roring, sudah diambil langkah dengan menangguhkan jabatan Sanger sebagai Kepsek SMKN 4, sambil menunggu keputusan lebih lanjut. “Saya meminta supaya Kadis menunjuk pelaksana (Plh), Kepsek Sanger akan ditarik terlebih dahulu sambil menunggu pengangkatan Kepses,” jelasnya sambil menambahkan hal ini dilakukan supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Seperti diketahui ratusan siswa SMKN 4 Manado sejak Kamis (7/1/2015) lalu menggelar aksi demo di halaman sekolah. Selain berorasi mereka juga mengusir Kepsek Jeane Sanger yang ditempatkan Diknas. Penempatan Sanger tersebut sebelumnya sempat ditarik dari sekolah karena terindikasi menyalahgunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Para siswa pun mulai aksi mogok belajar sejak Senin hingga beberapa hari ini. Bahkan aksi nekat para siswa mengeluhkan persoalan tersebut di DPRD Manado. Pun Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone bersama Anggota DPR Provinsi James Karinda serta sejumlah anggota DPRD Manado dan DPR Provinsi lainnya, kemarin langsung terjun di SMKN 4 Manado. Dengan harapan para siswa harus sekolah kembali. (fr/hmk)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...