• Sun. Oct 24th, 2021

Listrik Padam Total Di Sulut, Puluhan Wartawan Duduki PLN!

ByRedaksi SulutHebat

Jan 18, 2016

Demo Wartawan di PLN SuluttenggoAksi demo dilakukan puluhan wartawan Manado baik media cetak maupun elektronik mendatangi Kantor PLN Suluttenggo, Senin (18/1/2016). Kedatangan solidaritas wartawan Manado sebagai bentuk kekesalan atas kinerja PLN Suluttenggo yang melakukan pemadaman total hingga 24 jam pada Sabtu (17/1/2016) hingga hari ini.

Sejak kedatangan para jurnalis yang berharap bisa bertemu dengan GM PLN dan meminta penjelasan terkait pemadaman yang terjadi di Sulawesi Utara. Sayangnya GM Baringin Nababan tidak berhasil ditemui.

Puluhan wartawan awalnya tidak diperbolehkan masuk di halaman Kantor PLN Suluttenggo, namun kemudian beberapa petugas di kantor tersebut memperbolehkan masuk.

Menurut Livia, jurnalist salah satu media online di Manado, PLN Suluttenggo tidak memiliki inovasi dalam menanggulangi pemadaman listrik. Bahkan sosialiasi dari PLN Suluttenggo tidak komunikatif sehingga masyarakat tidak mengetahui apa yang menjadi persoalan. “Pemadaman ini membuat lumpuh aktifitas masyarakat, komunikasi telpon dan handphone terganggu, bahkan tidak ada signal sama sekali,” ucap Livia dengan kesal.

Sementara itu John Dumais koordinator aksi demo wartawan kali ini berharap PLN dapat memberikan kompensasi sebagaimana diatur dalam UU No.20/2002 tentang Ketenagalistrikan Pasal 34 dimana masyarakat konsumen berhak mendapatkan ganti rugi.

Menjawab pertanyaan itu GM PLN Suluttenggo Baringin Nababan, yang hadir diakhir pertemuan menjelaskan bahwa persoalan ganti rugi diukur dari tingkat mutu pelayanan. “Mekanisme pengukuran tingkat mutu pelayanan diukur bahwa misalnya 1 bulan hanya boleh padam 3 kali, ternyata 4 kali, nah itu dibayarkan per tri wulan, itupun disetujui Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM, melalui sistim SAP,” jelas Nababan. Ditambahkannya lagi dalam waktu 3 bulan tingkat mutu pelayanan itu tidak dipenuhi, maka PLN harus memberikan kompensasi sebesar 10 persen dari nilai biaya beban, itu pun terbayar otomatis.

Aksi demo yang berakhir pukul 17.12 Wita, sepakat adanya pertemuan lanjutan antara pihak PLN Suluttenggo dengan wartawan disaksikan Pejabat Gubernur Sulut yang akan difasilitasi DPRD Provinsi.

Pantauan SulutHebat.com, yang juga turut ikut dalam aksi demo tersebut, anggota personil Polresta Manado langsung singgap melakukan penjagaan di halaman PLN Suluttenggo. (tim redaksi)

Editor : Hardy K

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...