• Sat. Oct 23rd, 2021

One Way Traffic Bakal Diterapkan Di Manado

ByRedaksi SulutHebat

Jan 21, 2016

MANADO, SULUTHEBAT.COM – Rencana penerapan One Way Traffic untuk mengurai kemacetan di Manado nampaknya bakal direalisasikan. Seperti lokasi utama jalan Boulevard dan Jalan Sam Ratulangi sebagai percontohan.

Jika biasanya lorong-lorong di kawasan tersebut banyak ditempatkan rambu-rambu lalu lintas, kedepan tidak akan lagi. Penjelasan ini disampaikan langsung Asisten II Setdakot Manado Hi Rum Usulu juru bicara dalam program one way traffic. Menurutnya, lorong-lorong akan membantu arus lalu lintas.“Itu bisa jadi jalan utama, hanya saja harus dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat,” jelas Haji Rum sapaan akrab Usulu.

Disinggung soal adanya polisi-polisi tidur di tiap lorong, Usulu dengan tegas menyatakan akan membongkar. “Itu akan dibongkar, sebab jalur lalu lintas akan mengarah ke lokasi-lokasi tersebut. Sementara itu Ketua Basis Malalayang Wilson Tampung menegaskan, penerapan one way harus butuh kajian secara matang. Jika akan dipaksakan maka itu terlalu terburu-buru. “Harus ada kajian hukum terlebih dahulu jangan mengambil keputusan dini kemudian merugikan banyak orang,” jelasnya.

Makanya sebelum ada ketentuan, Wilson menyatakan dengan tegas basis 01-02 Malalayang menyatakan menolak secara tegas. Apalagi ini belum dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Buktinya masih banyak jalan dilorong-lorong ditutup. Jalur mana lagi digunakan, jangan biarkan banyak jadi korban,” tandasnya sambil menyatakan tetap menolak jika perubahan jalur ini tidak secara maksimal dilakukan sosialisasi dan sarana dan prasarana penunjang di jalan raya diperbaiki. (Ref)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...