• Tue. Oct 19th, 2021

Pekan Ini, Diterjang Cuaca Ekstrem, Banjir Melanda Sulut

ByRedaksi SulutHebat

Jan 22, 2016

SULUTHEBAT.COM – Cuaca ekstrem yang disertai hujan deras melanda Sulut diakhir pekan ini  membuat aliran  sungai meluap. Di beberapa kecamatan di Bolaang Mongondow terkena dampak. Data yang dirangkum,  desa Jambusarang, Olot, Paku, Binceta, Biontong  tidak luput dari kebanjiran.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana, masyarakat yang terkena dampak banjir  di Bintauna 360 KK, di Sangkup 270 KK, Bolangitang Timur 100 KK, Bolangitang Barat 100 KK. Setidaknya ada 100 KK yang di evakuasi dengan  menggunakan perahu karet di kecamatan Bintauna.

Pemerintah sudah menurunkan tim  dengan membawah bantuan berupa tenda dan membuka dapur umum untuk  membantu warga yang mengunggi karena rumah mereka dilanda banjir.

Suasana kota Manado dan  sekitarnya juga  tak luput dari banjir. Jalan-jalan utama seperti jalan Sam Ratulangi, jalan Bethesda, Malalayang juga terlihat banjir. Air dari  selokan meluap dan mengenangi jalan. Akibatnya, lalu lintas kendaraan terlihat macet. Beberapa  kendaraan  harus berjalan lambat  menghindari   genangan air. Demikian dengan  sepeda motor yang nampak menghindar  mencari jalan alternative.

Buruknya system drainase kota membuat  kota Manado sering dilanda banjir  walaupun hanya banjir  beberapa jam saja. Di tambah lagi dengan perilaku warga yang  membuang   sampah sembarangan bencana  banjir sulit diatasi. (Christy Manarisip)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...