• Sun. Oct 24th, 2021

KPU Sulut Optimis Pilwako Manado 17 Februari 2016

ByRedaksi SulutHebat

Jan 28, 2016

MANADO, SULUTHEBAT.COM – Komisi Pemilihan Umum Propinsi Sulawesi Utara menyatakan optimis Pemilihan Walikota Manado akan digelar tanggal 17 Februari 2016 mendatang. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Sulut DR Ardiles Mewoh saat menjawab pertanyaan Komisi I DPRD Sulut  dalam Dengar Pendapat di DPRD Sulut, Kamis (28/1).

Dijelaskannya, penentuan waktu tersebut sudah melalui konsultasi yang panjang dan berjenjang dari KPU Kota Manado sampai KPU Pusat. “Tentu penentuan waktu Pilwako Manado 17 Februari 2016 setelah dilakukan konsultasi yang berjenjang dan tanpa melibatkan pasangan calon, pemerintah kota atau pihak lainnya. Tujuannya agar keputusan tersebut benar-benar mandiri  dan tidak ada tekanan dari pihak manapun. Meski begitu, ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang berkaitan dengan pelaksanaan pemungutan suara sehingga tanggal 17 Februar menjadi waktu pemungutan Pilwako Manado,” papar Mewoh yang didampingi Komisioner KPU lainnya Zulkifli Galonggom dan Seketaris KPU Sulut Jona Oroh.

Ditambahkannya, pertimbangan-pertimbangan tersebut antara lain kelengkapan dalam logistik, seperti ada formulir-formulir yang harus dicetak ulang, begitu juga dengan tinta yang harus diproduksi kembali karena terlanjur terpakai pada Pilgub 2015. “Jadi KPU Manado sudah diperintahkan melaksanakan Pilwako pada tanggal 17 Februari mendatang,” tandasnya.

Sedangkan menyangkut anggaran pelaksanaan Pilwako, Mewoh  mengisyaratkan agar hal itu tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. “Anggaran tetap dari Pemerintah Kota Manado, dan KPU sudah memberikan surat permohonan kepada Pemerintah Kota agar segera ditindaklanjuti,” katanya.

Ia pun memaparkan bahwa soal penganggaran Pilwako Manado sudah dibicarakan dengan pemerintah kota sejak akhir Desember 2015. “Jadi tidak perlu dirisaukan lagi. Semua sudah dikonsultasikan secara berjenjang,” paparnya di hadapan Komisi I  DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang (ketua), James Tuuk, Netty Pantow, Ainun Talibo, dan Koordinator Komisi I yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut.(HL)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...