• Sat. Oct 23rd, 2021

Dana 1 Triliun UMKM Siap Kucur, HIPPI Sulut Diminta Awasi

JAKARTA-SULUTHEBAT.COM – Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun pada tahun ini yang akan disalurkan kepada 76.789 usaha mikro, kecil danmenengah (UMKM) melalui 415 mitra LPDB.

Direktur Bisnis LPDB, Warso Widanarto menjelaskan, LPDB merupakan satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM yang berfungsi menyalurkan pinjaman dan pembiayaan dana bergulir kepada koperasi dan UKM. Sejak 2008 hingga akhir 2015, LPDB telah menyalurkan pinjaman atau pembiayaan sebesar Rp 6,83 triliun yang disalurkan kepada 816.103 UMKM melalui 4.070 mitra LPDB di seluruh Indonesia.

“Realisasi penyaluran dana bergulir pada 2015 sebesar Rp 1,56 triliun, meningkat 35,52 persen jika dibandingkan penyaluran dana bergulir pada 2014 sebesar Rp 1,15 triliun,” ujarnya, jumat pekan kemarin.

Menanggapi niat baik pemerintah tersebut, ketua bidang pengembangan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIPPI SULUT, Salmon Tarigan meminta agar penyaluran dana bergulir benar-benar tepat sasaran.

“Dana bergulir harus benar-benar bergulir kepada dunia usaha yang diperlukan, bukan malah nanti memperkuat yang besar-besar,”ujar Salmon.

Karena itu, pihaknya berjanji akan memantau seberapa jauh penyaluran itu dimanfaatkan untuk pengembangan yang riil KUMKM sehingga potensi ekonomi bangsa, terutama di Sulawesi Utara benar-benar diangkat dan dikembangkan. (Ipran/vu)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...