• Thu. Oct 28th, 2021

Turis di Sulut Butuh Buku Panduan yang Komprehensif

ByRedaksi SulutHebat

Feb 6, 2017

danau_tondano

MANADO –Sejumlah wisatawan mancanegara mengeluhkan kurangnya informasi yang komprehensif seputar tujuan wisata yang bertebaran di Sulawesi Utara (Sulut). Mereka berharap, pemerintah provinsi Sulut bisa menyediakan semacam buku panduan yang lengkap dan mudah dicerna.
“Iya, pengalaman saya selama menjadi pemandu, banyak turis yang mengeluhkan kurangnya informasi yang detil tentang obyek pariwisata di Sulut. Mereka berharap ada semacam buku yang bisa dijadikan panduan,” kata Robert W Walangitan, salah satu pemandu ketika ditemui di Manado.
Pada buku panduan ini, tambah Robert, selain dicantumkan foto dan info terkait lokasi, juga dilengkapi dengan panduan bagaimana para turis bisa tiba di lokasi itu secara mandiri. Termasuk informasi seputar stasiun angkutan umum, tarif angkot, sarana penginapan terdekat, informasi ketersediaan wifi, dan seterusnya.
“Buku semacam itu bisa dibuat dalam dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Buku seperti itu juga bisa membantu pihak-pihak yang tertarik untuk menemani para turis menjelajahi Sulut,” tambahnya.
Budayawan sekaligus pemerhati pariwisata Sulut Veldy Umbas secara terpisah mengatakan, buku panduan yang komprehensif mutlak diperlukan oleh Sulut yang kini mulai menjadi destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara.
“Sudah banyak buku tentang pariwisata Sulut, namun belum ada yang benar-benar lengkap dan komprehensif. Buku semacam itu kini diperlukan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal kepada para wisatawan,baik lokal maupun mancanegara,” kata Veldy. (*)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...