• Wed. Oct 27th, 2021

Warga Tondegesan Butuh Pompa Air Untuk Tunjang Pertanian

ByRedaksi SulutHebat

Jun 17, 2017

SULUTHEBAT.COM, Kawangkoan – Tentu untuk memperoleh hasil panen yang cukup, pertanian perlu ditunjang dengan banyak faktor. Ro’ong atau desa Tondegesan juga. Salah seorang warga, Yance Mamesah, mengatakan bahwa petani memerlukan tambahan pompa air untuk membantu pengairan sawah demi mengantisipasi jika terjadi kemarau yang panjang. Sulit air mengalir karena kondisi tanahnya yang datar.

Tempat penampungan air ato waduk (bahasa jawa) yang ada di tengah sawah dapat memenuhi kebutuhan air, mar karna letak sawah dan tempat penampungan sejajar ato sama rata maka perlu memakai pompa agar air dapat mengalir dengan lancar,”demikian yang diungkap Mantan Hukum Tua Desa Tondegesan ini, ketika ditemui oleh wartawan suluthebat.com di rumahnya Desa Tondegesan Kec. Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, pada sabtu (17/06/2017).

Di sisi lain Mamesah menuturkan bahwa dia sudah pernah mengusulkan pengadaan pompa air enam unit ke Dinas Pertanian Minahasa tapi diiyakan hanya empat, sehingga sampai sekarang masyarakat masih menunggu pengadaan pompa air tambahan.
“Pada waktu Dinas Pertanian mengadakan kunjungan, saya masih menjabat sebagai hukum tua. Saya mengusulkan agar bisa disediakan pompa air enam unit tapi yang di-Acc hanya empat saja, sehinga sampai sekarang masyarakat masih menunggu tambahan pompa air tersebut,” tambahYance Mamesah. (Charly)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...