• Thu. Oct 28th, 2021

KPA Kecam Galian C di Gunung Lolombulan

ByRedaksi SulutHebat

Jun 26, 2017
Lokasi tambang pasir urug di gunung Lolombulan. Foto: Yanli.

SULUTHEBAT.com, Motoling – Gunung Lolombulan sebagai sumber pasokan air utama desa Raanan Baru dan Tondei terancam rusak.  Hal itu terlihat dari hasil pantauan langsung awak media SULUTHEBAT.com pada Sabtu (24/06/2017).
Pasalnya, ada beberapa titik tambang teras (pasir urug) di gunung Lolombulan yang dapat memicuh longsor dan rusaknya entitas lingkungan gunung tersebut.
Ini membuat masyarakat, pemerhati lingkungan dan pemerintah desa angkat bicara.

Ukung Tu’a (Hukum Tua, red) desa Tondei Dua,  Franky Sual, mengatakan bahwa dia sudah pernah memberikan teguran namun entah kenapa, sampai berita ini diturunkan, tambang pasir urug itu tetap beroperasi.
Waktu lalu kita so pernah tegor no tu ja ba ambe teras, cuma sampe skrang masih ada. Harusnya tu pihak yang berwajib di situ musti lia,  dalam hal ini tu Polhut no. Jangan trima-trima gaji kong nda ja ba kontrol,”ucap Sual.
Rianto Wongkar, salah satu anggota Komunitas Pecinta Alam Tumondei,  juga menyatakan bahwa nyawa masyarakat sekitar akan terancam jika Gunung Lolombulan semakin terkikis.
Torang pe nyawa tu terancam kalu bagini. Waktu lalu, di atas kasana ada pohong besar da rubu di jalang. Bae lei nd ada oto ato motor yang ba lewat kong rubu. Kalu so lebe bota tu Lolombulan, torang lei terancam susah aer,”ucap Wongkar. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...