• Sun. Oct 24th, 2021

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Kesadaran dan kecintaan akan tradisi luhur Tou (orang) Minahasa ditunjukkan Tou Pontak melalui pelaksanaan acara Pemberian Gelar Adat Inang Wangko kepada Bupati yang dirangkaikan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Desa Ke-492.

Panitia pelaksana menghadirkan Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) dan Pinaesaan Tontemboan (PITON) untuk menyambut Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, SE  di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Pontak pada Senin (17/07/2017). Paruntu dikawal oleh kawasaran sampai masuk di tempat pelaksanaan kegiatan.

Jun Rawis salah satu panitia dalam kegiatan ini mengatakan, kegiatan peringatan HUT Desa Pontak ini rutin dilaksanakan tetapi tahun ini sedikit berbeda.

“Ini tahun depe menarik lantaran torang beking penganugerahan gelar adat kepada beberapa tokoh yang berpengaruh di desa. Kong tamba lei depe acara torang isi dengan tarian kawasaran, yang kalu nda salah, baru kali ini sto ada tarian kawasaran di Pontak,” ucap mantan pengurus Kerukunan Mahasiswa Lolombulan Ranoiapo (Kemalora) ini.

Lanjutnya, diharapkan kegiatan positif seperti ini diselenggarakan di tiap-tiap desa agar supaya ingatan-ingatan masa lalu tetap terwarisi di setiap generasi penerus desa.

“Pasti kan di dalam ingatan-ingatan itu ada banyak hal luhur yang torang mo dapa tentang torang, tanah, deng laeng-laeng,” tutupnya. (Yanli/Swadi)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...