Home / BAKU KENAL / Bu Pangkey, Tokoh Adat Minahasa Berpulang

Bu Pangkey, Tokoh Adat Minahasa Berpulang

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Salah satu tokoh Masyarakat adat Minahasa, Yan Pangkey (66), tutup usia di kediamannya di desa Malola Satu, Senin (24/07/2017).

Menurut informasi dari penasehat beberapa organisasi masyarakat adat Minahasa, Bu Pangkey (sapaan akrab almarhum) ditemukan sudah tersungkur di kamar mandi rumahnya sekitar pukul 07.00 pagi.

Keluarga menyampaikan bahwa beliau mengalami pusing ketika berada di kamar mandi. Mereka sempat mengambil tindakan pertolongan dengan membawa beliau ke rumah sakit. Namun apa harus dikata, takdir berkata lain, putra asli Malola ini sudah menghembuskan nafas terakhir.

Yan Pangkey diberikan kehormatan sebagai penasehat di beberapa organisasi masyarakat adat Minahasa. Sebut saja Pinaesaan Tontemboan (PITON), Milisi Waraney, Waraney, Makatana Minahasa, dan  beberapa organisasi lainnya.

Beliau dikenal sebagai orang yang dermawan, peduli dengan masyarakat dan budaya Minahasa. Ini terlihat dalam salah satu ungkapan belasungkawa Elias Daud Pangkey, saudara sepupu almarhum. Melalui akun facebook-nya, Elias sedikit menceritakan tentang kepribadian almarhum yang fenomenal baik di kalangan masyarakat biasa, keluarga, sampai ke tokoh-tokoh politik.

“Selamat jalan saudaraku Yan (Bu’) Pangkey. Di mata kami kau sosok yang fenomenal. Karakter gaulmu dan sona abdi sosial kemanusiaanmu benar2 sulit dijangkau. Mulai dari perwira tinggi tokoh pusat dan daerah mencarimu menjadikan hidupmu bukan milikmu dan keluargamu tapi milik semua yg membutuhkanmu. Dan kau telah melakoni dgn tuntas. Kini kau telah kembali ke pemilikmu sejati dan berdiam dgn damai tanpa hiruk pikuk ritual sosial budaya,” tulis dosen seni rupa Universitas Negeri Manado ini. (Villio/Iswan)

About Redaksi SulutHebat

Media informasi kinerja dan keberhasilan pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw

Check Also

Hari otonomi daerah, Wagub bacakan amanat mendagri

Manado – SULUTHEBAT.COM Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-23 dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara …