• Thu. Oct 28th, 2021

Bitung Gelar Kabasaran dan Katrili di APEKSI 2017

ByRedaksi SulutHebat

Jul 26, 2017

SULUTHEBAT.COM, Bitung – Kota Bitung turut berpartisipasi dalam parade budaya Nusantara dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Indonesia City Expo (ICE) di Kota Malang, Propinsi Jawa Timur.

Pawai budaya kontingen Bitung menampilkan Kawasaran ciri khas Kota Bitung dan barisan penari Katrili. Rombongan dipimpin Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban yang didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Dra. Ny. Khouni Lomban Rawung, M. Si.

Ribuan masyarakat Kota Malang tampak tumpa-ruah menyaksikan arak-arakan pawai dengan berbagai atraksi budaya masing-masing kota peserta APEKSI. Pawai budaya tersebut merupakan bagian dari pembukaan Pekan Promosi kota-kota di Indonesia yang dikenal dengan ICE 2017.

Walikota Malang HM Anton dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pawai budaya Nusantara merupakan bentuk kebersamaan para peserta APEKSI yang datang dari seluruh Indonesia. Sehingga kehadiran duta-duta wisata tersebut telah ikut meramaikan Kota Malang.

“Terima kasih atas keikutsertaan teman-teman Walikota se Indonesia yang telah ikut meramaikan Kota Malang dengan tampilan pawai budaya ini,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Walikota Bitung mengatakan bahwa dia bangga karena Kota Bitung bisa ikut serta dalam pawai budaya Nusantara. Bahkan, dirinya memuji kerja keras Pemerintah Kota Malang sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI dan ICE 2017.

“Kami bangga ada di Kota Malang, kota yang sejuk dan dikenal dengan julukan kota bunga. Saya berharap Rakernas Apeksi kali ini bisa menambah motivasi masing-masing daerah dalam meningkatkan kinerja serta dapat memberikan rekomendasi khusus bagi daerah-daerah di Indonesia untuk pembangunan nasional. Saya selaku Walikota Bitung sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara Pemerintah Kota Malang yang sukses menyelenggarakan pelaksanaan APEKSI Ke XII ini,” tuturnya.

Pada ksempatan itu juga Walikota Bitung menyerahkan langsung alat tradisional Kota Bitung kepada Walikota Malang dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany. (Aji/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...