• Sat. Oct 23rd, 2021
Ketua AMAN Sulut sedang menyampaikan pidato sambutan.

SULUTHEBAT.COM, Tondano – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Utara (Sulut ) gelar kegiatan Festival Nyiur Melambai, Rabu (09/8/2017) di Loji Tondano Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa.

Ketua AMAN Sulut Lefrando Gosal, ketika diwawancarai oleh wartawan suluthebat.com, mengatakan bahwa kegiatan ini untuk merayakan 10 tahun Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Adat.

“Kegiatan ini kita tahu bersama adalah untuk merayakan 10 tahun deklarasi PBB tentang hak-hak masyarakat adat yang diperjuangkan selama lebih dari 20 tahun oleh Masyarakat Adat di seluruh dunia, yang kemudian diadopsi dan disahkan pada tahun 2007,” ucap pria Tondano ini.

Acara ini dimulai dengan ritual adat dan diisi dengan berbagai penampilan dan kegiatan seni budaya khas Sulut.

“Acara ini dimulai dengan ritual adat dan diisi juga dengan tarian Kawasaran, musikalisasi puisi, pameran buku, pameran foto, eksperimental lukis dan puisi, launching buku dari Bode Talumewo, pemutaran film pendek tentang masyarakat adat dan lain-lain yang bernuansa adat budaya,” tambah Gosal.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pemimpin Ormas Adat di Sulut, Kadis Pariwisata Minahasa, Dewan AMAN nasional Nedine Sulu dan utusan Swara Manguni Sulut, Mawale Movement, Makatana Minahasa, Waraney Wuaya, Pinaesaan Tontemboan, Sanggar Tumondei dan Tunas hijau. (Charly/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...