• Tue. Oct 19th, 2021
Penyerahan bibit ikan kepada kelompok pembudidaya.

SULUTHEBAT.COM, Ratahan – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Tenggara bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan 260 ribu benih ikan ke pembudidaya ikan di Kabupaten Minahasa Tenggara di Balai Benih Ikan (BBI) Pasan, Rabu (16/8/2017).

Dari 260 ribu, sebanyak 200 ribu benih ikan Nila dan 60 ribu benih ikan Mas. Benih ikan Nila diterima oleh 39 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) sedangkan ikan mas diterima oleh 18 kelompok.

Benih tersebut disediakan Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT) sebagai salah satu UPT Kementerian Kelautan di Sulawesi Utara. DKP Minahasa Tenggara menyiapkan kelompok penerima bantuan tersebut.

Kepala Dinas Ir Vecky Monigir, ME didampingi BPBAT menyerahkan bantuan kepada seluruh kelompok penerima. Sebelumnya juga telah diserahkan bantuan Pakan ikan kepada para pembudidaya. Pokdakan penerima bantuan ini berasal dari Kecamatan Tombatu Timur, Tombatu, Tombatu Utara, Silian, Touluaan, Pasan dan Ratahan.

Kadis DKP Mitra Ir Vecky Monigir, ME dalam sesi pembinaan kepada Pokdakan mengatakan, bantuan pemerintah hanya stimulan atau pemicu bagi kelompok penerima untuk lebih giat melaksanakan budidaya ikan lebih khusus budidaya air tawar.

“Teruslah melakukan budidaya ikan, jangan berhenti ketika benih yang diberikan ini sudah besar dan telah dipanen,” imbau Monigir.

Pemkab Minahasa Tenggara di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, telah memfasilitasi bantuan bibit ikan ke BPBAT Tatelu. Semua demi peningkatan pendapatan para pembudidaya ikan di Mitra. Selain itu, untuk memacu meningkatnya produksi ikan air tawar khususnya produksi ikan Mas dan Nila baik di Minahasa Tenggara, provinsi dan nasional.

Para penerima bantuan ini akan dimonitor dan didampingi agar bantuan yang diberikan ini berhasil. Penyuluh perikanan yang kini telah di bawah tanggung jawab Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mendampingi kelompok penerima ini. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan juga akan memonitoring terus aktifitas pembudidaya yang menerima bantuan ini. (Villio/Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...