• Wed. Oct 20th, 2021
Suasana Musyawarah PITON.

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Masa kepengurusan dua tahun organisasi kemasyarakatan Pinaesaan Tontemboan (PITON) di bawah pimpinan Iswan Sual, S.S akan berakhir  30 Agustus 2017.

Untuk memilih pengurus baru, maka diadakan Remuut Wangko (Musyawarah Besar) Minggu, (27/8/2017) di desa Boyong Atas kecamatan Tenga, kabupaten Minahasa Selatan.

Acara yang dirangkaikan dengan Hari Jadi organisasi ini diawali dengan ibadah yang dipimpin langsung oleh Pelayan Khusus (pelsus) GMIM Frely Wagey. Dalam khotbahnya ditekankan soal pentingnya jemaat menjaga kerukunan, ketentraman serta saling mengasihi antar sesama umat manusia.

Dia juga berpesan, dalam rangka merayakan Hari Jadi PITON ke-2 tahun, sekiranya setiap anggota semakin giat dalam kerja-kerja budaya untuk kemajuan Minahasa, khususnya terkait bahasa Tontemboan yang semakin hari kian berkurang penuturnya.

Senada dengan itu, ketua BPD Boyong Fredy Lampus berujar bahwa dia mendukung organisasi ini karena tujuannya adalah membangun masyarakat yang cinta akan kebudayaan, tradisi dan adat istiadat.

“Dulu sebelum organisasi ini masuk di desa Boyong Atas,  setiap malam banyak keributan yang terjadi disini. Ini bukti kerja organisasi ini benar-benar mengajarkan hal yang baik, karena ribut-ribut di kampung so berkurang,” ucapnya.

Suasana Remengkom (makan bersama).

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan acara Remengkom (makan bersama) di atas meja panjang yang dialas daun pisang. Tersaji menu lokal seperti ubi rebus, kolak, nasi milu (jagung), geto’ (getuk), kue onde-onde, saguer (air nira) dan lainnya.

Setelah itu, diadakan kegiatan pemilihan pengurus baru PITON periode 2017-2019. Ukung Malola Barry Liow terpilih sebagai Ukung Tua Pinaesaan Tontemboan PITON tingkat walak, menggantikan Iswan Sual yang berasal dari desa Tondei Satu, kecamatan Motoling Barat, Minahasa Selatan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, tonaas kampung Darius Andri Lintong, tokoh permesta dan para undangan lainnya. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...