• Tue. Oct 19th, 2021
Foto bersama para peserta usai kegiatan.

SULUTHEBAT.COM, Minahasa – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Wartawan demi penanganan bencana di Sulawesi Utara. Event yang bertema: Bersama Membangun Budaya Sadar Bencana di Kabupaten Minahasa itu berlangsung 11-13 September 2017.

Bintang Susmanto menyatakan bahwa kegiatan tersebut digelar karena BNPB mengakui peran wartawan besar dalam memberi informasi ke masyarakat terkait penanggulangan bencana .

“Media memiliki peran sangat penting dalam mensosialisasikan, tidak hanya kejadian-kejadian bencana, tetapi juga pengurangan risiko bencana serta rehabilitasi dan rekonstruksi. BNPB mengakui eksistensi pers dalam menginfomasikan penanggulangan bencana kepada masyarakat, yang dalam hal ini, untuk mendapatkan hak-haknya atas informasi publik terhadap masalah kebencanaan,” kata Inspektur Utama BNPB itu.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta wartawan media cetak dan eletronik di Sulut. Dalam temu itu juga dibahas penggunaan Global Positioning System (GPS), mobil dapur umum, dan peralatan penanggulangan bencana milik BNPB.

Kepala Pelaksana BPBD provinsi Sulawesi Utara Noldy Liow mengapresiasi bantuan BNPB yang memfasilitasi peningkatan kapasitas wartawan dalam penanggulangan bencana di Sulut.

Hadir dalam pertemuan itu Kepala Bagian Publikasi, Pengumpulan dan Penyaringan Informasi Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Roy Saroinsong, SH dan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...