• Wed. Oct 27th, 2021
Nampak tou Minahasa sedang mengikuti acara.

SULUTHEBAT.COM, Amerika – Semangat berminahasa dalam menumbuhkan rasa cinta akan kebudayaan di tanah Lumimuut–Toar, semakin berkembang. Semangat ini pun dapat kita lihat pada tou (orang) Minahasa yang berada di luar daerah bahkan sampai di luar negeri.

Bertempat di New Hampshire Amerika Serikat, Selasa (12/9/2017) sekumpulan kawasaran dari perkumpulan rukun Tomohon, dibawah bimbingan Ben Supit, Samuel Wondal, Chrestian Mangoendap, pentas di Somersworth Indonesian Fair di bagian timur Amerika.

Dari hasil pantauan awak media, kelompok kawasaran ini terdiri dari pria, wanita sampai anak-anak turut tampil dalam hajatan itu.

Lendy Parengkuan salah satu tou Minahasa yang tinggal disana mengatakan, mereka intens dalam kerja-kerja kebudayaan dan selalu menampilkan tarian kawasaran di negeri Paman Sam itu.

“Kelompok kawasaran ini rutin beking latihan karena berkali-kali pentas di acara Kedutaan, konsulat, serta acara dengan City Somersworth. Kawasaran ini tampil juga di acara Gereja, karena 80 persen adalah anggota jemaat di gereja Marturia Presbyterian Church New Hampshire,” ucap Parengkuan via Messenger.

Lanjutnya, dia mengajak pemerintah di Minahasa dan segenap warga Minahasa untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Minahasa.

“Perhatian pemerintah tentang budaya adalah penting. Torang di luar negeri sangat cinta dan melestarikan budaya Indonesia lebih khusus Minahasa. Buatlah kegiatan seperti Maengket, dan kawasaran mulai dari sekolah dasar sampai dewasa, begitu juga Gereja di Minahasa bukan hanya diperhatikan lomba paduan suara/choir, tapi buatlah kegiatan budaya, lambang gereja GMIM diambil dari budaya Minahasa,” jelas Lendy.

Terakhir dia mengajak tou muda Minahasa untuk berbudaya yang baik.

“Bagi generasi muda jaga dan pelihara, serta lestarikan budaya leluhur tapi jangan dengan mandi kabal kong tekeng jago itu bukang budaya. Kalau jago musti jago bergaul,” tutup Lendy

Diketahui acara ini dihadiri Walikota, Senator, Konsul, dan masyarakat New Hampshire. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...