• Wed. Oct 27th, 2021
Sanggar Seni Tou Makelembuang foto bersama masyarakat dan apatur desa serta kecamatan.

SULUTHEBAT.COM, Amurang – Masyarakat Kecamatan Kumelembuai antusias peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan  Kumelembuai ke-14 di Lapangan Ulfers desa Kumelembuai, Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (18/9/2017).

Meski hari kerja (tidak libur), namun masyarakat banyak beramai-ramai menghadiri kegiatan tersebut. Terpantau, kegiatan sederhana namun meriah. Kegiatan itu diawali dengan ibadah, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia kegiatan, pemerintah dan tokoh masyarakat.

Camat Kecamatan Kumelembuai Michael Waworuntu dalam sambutannya bersyukur dengan terselenggaranya kegiatan peringatan HUT itu. Yang lain dari peringatan di tahun ini adalah tampilnya kelompok tarian Kawasaran yang dibawakan oleh generasi muda Kumelembuai yang tergabung dalam Sanggar Seni Tou Makelembuang (SSTM).

Menanggapi hal itu Camat Waworuntu mengatakan, Pemerintah Kecamatan Kumelembuai akan mendukung terus kegiatan generasi muda tersebut dan hendak menopang SSTM yang mengusung nilai-nilai luhur budaya Minahasa itu. Bahkan pemerintah kecamatan berencana membuat kegiatan lomba tarian Minahasa.

“Pemerintah desa se-kecamatan Kumelembuai akan mendukung terus kegiatan tarian kabasaran ini. Dan ada topangan juga dari Pak Camat untuk selalu menyuport nilai-nilai budaya yang ada di Minahasa, terlebih khusus di Kecamatan Kumelembuai. Dan akan membuat suatu kegiatan lomba tarian yang menyangkut keminahasaan,” kata Elvis Langkai, salah satu anggota SSTM, mengutip sambutan Camat Kumelembuai.

Lanjut Langkai, sejumlah besar masyarakat mendukung kegiatan ini. Apalagi ada tarian Kawasaran. Mereka senang karena baru tahun ini tarian Kawasaran dipentaskan lagi di desa Kumelembuai. Sebelumnya tarian Minahasa ini telah hilang dikikis zaman.

Turut hadir dalam kegiatan, para hukum tua dan sekretaris desa se-kecamatan Kumelembuai, kepala-kepala desa Kumelembuai.(Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...