• Sat. Oct 23rd, 2021
Rita Maya Tamuntuan sedang menyampaikan pidato.

SULUTHEBAT.COM, Manado – Dalam rangka mengoptimalkan produktifitas perempuan di Sulawesi Utara, organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adakan pelatihan pembuatan nata de coco yang berbahan dasar air kelapa.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Ir Rita Maya Tamuntuan berharap peserta pelatihan dapat memperoleh manfaat dari pelatihan tersebut.

“Saya harap ibu-ibu dapat mengikuti dan memanfaatkan semaksimal mungkin pelatihan ini,” kata Tamuntuan kepada seluruh peserta pelatihan di Manado, Rabu (20/9/2017).

Menurut istri Gubernur Olly Dondokambey, Sulut memiliki perkebunan kelapa yang luas hingga mendapat julukan bumi nyiur melambai. Bahkan jika menoleh ke bawah dari pesawat maka nampak terbentang luas pohon-pohon kelapa mendominasi.

Namun Ibu Rita menyayangkan masih banyaknya potensi dari kelapa yang belum dimanfaatkan secara optimal.

“Banyak produk kelapa seperti air kelapa, sabut kelapa, tempurung , daun kelapa dibiarkan terbuang percuma padahal dapat memberikan nilai tambah dalam menopang ekonomi keluarga,” katanya.

Terkait pemanfaatan air kelapa, Ibu Rita menjelaskan keunggulan kandungan gizi di dalamnya dapat diolah menjadi makanan dan obat.

“Pembuatan nata de coco berasal dari air kelapa, selain kandungan gizinya, air kelapa juga dibutuhkan untuk kesehatan. Tanpa melalui proses yang rumit, air kelapa dapat membantu menetralisir ketika anak-anak mengalami panas karena kandungan protein dan karbohidrat yang membantu antibodi atau daya tahan tubuh bagi anak,” tuturnya.

Pelatihan itu turut dihadiri pengurus TP-PKK kabupaten dan kota di Sulut. (Iswan)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...