• Sat. Oct 23rd, 2021

Sambut HUT Tondei Dan STMS, KTLS Matangkan Patokaan

ByRedaksi SulutHebat

Oct 9, 2017
KTLS berpose bersama usai latihan

SULUTHEBAT.COM, Tondano – Persiapan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Desa Tondei dan hari ulang tahun Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) ke-5 tahun, Kelompok Tari Lolombulan Sinonsayang (KTLS) gelar latihan tarian kreasi baru Si Patokaan, Senin (9/10/2017).

Bertempat di kos asri perumahan baru Tataaran Patar, kelompok yang terdiri dari beberapa mahasiswa Universitas Negeri Manado (UNIMA) mematangkan kembali tarian yang sudah kesekian kali mereka pentaskan ini. Kelompok yang mengambil nama dari dua gunung di Minahasa Selatan (Minsel) ini telah mementaskan tarian patokaan di beberapa tempat antara lain; Mantos, Hotel Lagoon Manado serta Tondei sudah kesekian kalinya mereka tunjukan kesenian yang berlandaskan budaya Minahasa.

Natalia Sondakh salah satu penari berujar, persiapan ini akan mereka buat dengan baik berhubung ini adalah pementasan yang sudah pernah mereka tunjukan di Tondei.

Kami so latian deri skarang supaya pas pa depe saat mo pentas kami so siap skali apalagi ini ada tamang baru yang suka mo iko pentas di acara itu,” ucap wanita yang biasa disapa Natal.

Selanjutnya Fistaria Bella selaku Sekretaris panitia mengatakan, persiapan kegiatan terus mereka buat dan tetap saling berkordinasi dengan panitia yang berada di kampung.

“Segala persiapan kami sementara beking, apalagi depe waktu so nda lama makanya biar kami ja kulia disini mar tu kordinasi deng tamang-tamang di kampung tetap kami ja beking,” ucap Bella dengan aksen dialek Tondei.

Diketahui hari ulang tahun desa Tondei dan Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) akan digelar pada tanggal 21 oktober 2017. (Yanli)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...