Home / Index / Spanyol Ambil Langkah Terkait Upaya Merdeka Catalonia

Spanyol Ambil Langkah Terkait Upaya Merdeka Catalonia

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy.

SULUTHEBAT.COM, Madrid – Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengambil langkah pertama pada hari Rabu untuk menangguhkan otonomi politik Catalonia untuk menggagalkan dorongan untuk memperoleh kemerdekaan.

Dia menuntut agar pemerintah daerah mengklarifikasi apakah sekarang menganggap dirinya independen setelah pidato presiden Catalan Carles Puigdemont pada Selasa malam.

Persyaratan ini merupakan langkah penting sebelum memicu Pasal 155 konstitusi, yang akan memungkinkan Madrid untuk menangguhkan otonomi politik wilayah tersebut.

Langkah Rajoy bisa memperdalam konfrontasi antara Madrid dan Catalonia tapi juga menandakan jalan keluar dari krisis politik terbesar Spanyol sejak kudeta militer yang gagal pada tahun 1981.

Perdana menteri kemungkinan akan mengadakan pemilihan regional yang cepat setelah mengaktifkan mekanisme konstitusional yang memungkinkannya untuk melakukannya.

Puigdemont membuat deklarasi simbolis kemerdekaan dari Spanyol pada Selasa malam tapi kemudian segera menangguhkannya dan meminta perundingan dengan pemerintah Madrid.

“Kabinet telah sepakat pagi ini untuk secara resmi meminta pemerintah Catalan untuk mengkonfirmasi apakah telah menyatakan independensi Catalonia, terlepas dari kebingungan yang disengaja yang dibuat atas pelaksanaannya,” kata Rajoy dalam pidato di televisi setelah sebuah rapat kabinet mempertimbangkan tanggapan pemerintah.

Tanpa memberikan batas waktu yang pasti bagi pemerintah Catalan untuk menjawabnya, Rajoy mengatakan: “Jawaban dari presiden Catalan akan menentukan kejadian masa depan, dalam beberapa hari mendatang.”

Kata analis politik, belum jelas apakah dan kapan pemerintah Catalan akan menjawab persyaratan tersebut.

Jika Puigdemont mengatakan bahwa dia menyatakan kemerdekaan, pemerintah kemungkinan akan  melihat Pasal 155. Jika dia mengatakan bahwa dia tidak mengumumkannya, maka partai sayap kiri CUP kemungkinan akan menarik dukungannya kepada pemerintah minoritasnya.

“Rajoy memiliki dua tujuan: jika Puigdemont tetap ambigu, gerakan pro-kemerdekaan akan semakin terfragmentasi; Jika Puigdemont berkeras mempertahankan kemerdekaan maka Rajoy akan dapat menerapkan Pasal 155, “kata Antonio Barroso, wakil direktur firma riset Teneo Intelligence yang berbasis di London.

“Entah bagaimana tujuan Rajoy adalah untuk pertama-tama mengembalikan peraturan hukum di Catalonia dan ini pada suatu titik dapat menyebabkan pemilihan awal di wilayah ini”. (reuters/is)

 

About Redaksi SulutHebat

Media informasi kinerja dan keberhasilan pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw

Check Also

Hari otonomi daerah, Wagub bacakan amanat mendagri

Manado – SULUTHEBAT.COM Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-23 dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara …