Home / SULUT / Angka Kemiskinan Sulut Terendah Di Pulau Sulawesi

Angka Kemiskinan Sulut Terendah Di Pulau Sulawesi

SULUTHEBAT.COM, Manado – Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Sulawesi Utara (Sulut) mulai menunjukkan hasil yang positif. Pasalnya, tingkat kemiskinan di Sulut di awal tahun 2018 ini berada pada angka 7,9 persen. Capaian tersebut sekaligus menjadikan Sulut sebagai daerah dengan tingkat kemiskinan terendah di Pulau Sulawesi. Bahkan angka ini jauh lebih rendah dari rata-rata nasional sebesar 10,12 persen.

Demikian yang disampaikan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Sulut Jemmy JR Lampus ketika mewakili Gubernur Olly Dondokambey membawakan sambutan dalam ibadah bersama Jemaat GMIM Bethesda Tumaratas, Minahasa (11/2/2018) pagi.

“Tahun 2016 kemiskinan di Sulut berada pada angka 8,89 persen. Namun di awal tahun 2018 ini, angka kemiskinan mampu ditekan hingga sebesar 7,9 persen. Bahkan jika dibandingkan dengan lima provinsi lainnya di Pulau Sulawesi, provinsi kita merupakan daerah dengan tingkat kemiskinan terendah,” katanya.

Melalui Jemmy, Gubernur Olly juga menyampaikan beberapa progres pembangunan daerah kepada Jemaat GMIM Bethesda Tumaratas sebagai salah satu bentuk akuntabilitas dan transparansi pembangunan yang sedang dikerjakan. Di antaranya adalah keberhasilan Sulut mengurangi angka pengangguran menjadi sebesar 6,12 persen, Gini Ratio menjadi 0,394, Angka Harapan Hidup naik menjadi 71,02, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga turut naik menjadi 71,05.

suluthebat.com
Jemmy JR Lampus bawakan sambutan Gubernur Sulut.(Foto: Humas Pemprov Sulut)

“Pertumbuhan ekonomi juga mencapai angka 6,49 atau lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata nasional yakni 5,06,” ungkapnya.(ladore)

About Redaksi SulutHebat

Check Also

Hari otonomi daerah, Wagub bacakan amanat mendagri

Manado – SULUTHEBAT.COM Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-23 dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara …