PRIHATIN PERISTIWA KUDATULI,  SANGIAN CS PASANG LILIN DI GEDUNG EX DPD PDIP

by -261 views
Sangian CS Pasang Lilin Di Gedung Ex DPD PDIP Martadinata
Sangian CS Pasang Lilin Di Gedung Ex DPD PDIP Martadinata

MANADO, suluthebat.com-Prihatin atas peristiwa Kudatuli tepatnya pada peristiwa 27 Juli 1996, puluhan kader dan simpatisan PDI Perjuangan se-Sulut memasang lilin sekaligus menggelar renungan malam, di Gedung Ex DPD PDIP yang bertempat di Jalan Martadinata Manado.

Tokoh Banteng Sulut Ferry Sangian beserta rekan-rekan menggelar acara renungan malam, dengan tujuan agar para kawula muda bisa mengingat kembali sejarah sebelum tergulingnya rezim Orde Baru.

“Dengan peringatan peristiwa 27 Juli 1996 ini kita kembali menegaskan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang solid dalam mengawal demokrasi. Seluruh kader dan simpatisan partai wajib mengambil pelajaran dari peristiwa berdarah itu,” Ujar Sangian. (27/7/2020)

Dimana,  peristiwa 27 Juli 1996 tersebut merupakan sejarah perlawanan rakyat melawan rezim orde baru. Menurutnya sejarah tersebut harus dikenang karena banyak korban jiwa dan luka – luka dari kalangan kader dan simpatisan PDI Pro Megawati yang mempertahankan kantor DPP PDI di jl. Diponegoro pada saat itu.

“Kami mendesak kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk menetapkan tanggal 27 Juli sebagai hari reformasi Indonesia,” tuturnya.

Renungan malam, dalam rangka peringatan peristiwa 27 Juli 1996 di kantor Ex DPD PDIP itu, digelar sambil membaca doa (menheningkan cipta) bersama untuk arwah almarhum saksi sejarah dan pengurus partai yang telah meninggal dunia.

Turut hadir dalam acara renungan malam Sonny Supit, yang juga sebagai saksi dalam peristiwa Kudatuli dan sekaligus, beliau memimpin doa dalam menheningkan cipta bagi para pahlawan refomasi yang telah gugur pada peristiwa berdarah itu. (aji)

 

About Author: Redaksi SulutHebat

Gravatar Image
Media informasi dan pembelajaran segala sessuatu tentang potensi Sulawesi Utara yang sangat habat.