Pangellu Sebut KPU Sulut Jangan Anti Kritik

by -279 views
Paslon gubernur Sulut
Paslon gubernur Sulut

MANADO, suluthebat.com-Pelaksanaan debat pertama Pemilihan Gubernur Sulut 2020 dinilai tidak seru, kurang greget, dan juga tidak profesional. Salah satu hal yang dituduh menjadi biang keladi semua ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut),

Hal itu dikatakan oleh Sandra Rondonuwu, S.Th, SH, selaku Kordinator Bidang Debat Paslon Nomor 3, Olly Dondokambey – Steven Kandouw, Ia menyebutkan,  debat tersebut terkesan hanya sekeder formalitas saja.

Terkait kritikan yang dilontarkan Sandra Rondonuwu, Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu mengatakan, sebaiknya pihak KPU sulut membenahi diri, jangan  anti kritik, karena kritikan pada dasarnya membuat kita melangkah lebih maju.

“Seyogyanya KPU Sulut, lebih berbenah terkait pelaksanaan debat, agar kedepannya akan lebih baik, dan sebaiknya, KPU Sulut tidak anti kritik, karena dengan kritik kita bisa melihat kekurangan kita,” jelas  Pangellu.

Ia mengakui,  tidak semua warga Sulut bisa menikmati secara langsung acara debat Paslon gubernur Sulut 2020, dikarenakan televisi maupun provider yang digunakan guna menyelenggarakan debat, tidak menjangkau semua kabupaten/kota se-Sulut, apalagi di daerah kepulauan.

“KPU Sulut harus lebih selektif menggunakan media guna menyiarkan ajang debat paslon gubernur Sulut 2020. Media yang digunakan menayangkan debat tersebut, haruslah yang mempunyai jaringan yang luas sampai pelosok kabupaten/kota se-Sulut, di daerah kepulauan saja, tayangan debat secara screaming pun kabur, bahkan gambarnya terlihat patah-patah.” tuturnya.

Ia menyanyangkan, ketika debat berlangsung ada Paslon Gubernur yang merasa tidak nyaman terkait tempat penyelenggaran debat yang digelar di alam terbuka, misalnya ada Paslon gubernur yang mengeluh karena merasa silau, dan suara mick paslon terdengar kecil, ketimbang suara moderator.

“Ini merupakan catatan bagi KPU Sulut, mengapa tidak menyelenggarakan debat di tempat tertutup, agar tidak ada yang dirugikan, dan pada masa pademi Covid-19 ini, sebaiknya penyelenggaraan debat digelar di ruant tertutup,” tutupnya.  (***)

About Author: Redaksi SulutHebat

Gravatar Image
Media informasi dan pembelajaran segala sessuatu tentang potensi Sulawesi Utara yang sangat habat.