Gubernur Olly Harap TPA Ilo-Ilo Atasi Masalah Sampah di Kota Manado

by -47 views
Gubernur Oly tinjau TPA Ilo-Ilo
Gubernur Oly tinjau TPA Ilo-Ilo

MANADO, suluthebat.com– Penyediaan tempat Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) yang memadai sangat diperlukan untuk tempat menampung sampah, jika tidak suatu daerah akan mengalami masalah yang serius. Masalah sampah apabila tidak cepat ditangani secara benar, tidak menutup kemungkinan suatu daerah lama-kelamaan akan tenggelam dalam timbunan dan tumpukan sampah bersamaan dengan segala dampak negatif yang ditimbulkannya seperti pencemaran air, udara, tanah, dan penyebaran sumber penyakit.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Regional Mamitarang di Ilo-Ilo Kecamatan Wori. (2/2/2021)

Proyek yang dibangun dengan biaya anggaran dari Pemerintah Pusat pada Tahap pertama Rp. 124 milyar dan tahap ke dua Rp. 100 milyar dan hasil pekerjaan multi year ini sudah mencapai 13 persen yang diperkirakan Bulan Desember 2021 sudah mulai beroperasi.

“Semoga dengan hadirnya TPA Regional ini, dapat mengatasi permasalahan sampah di Kota Manado, Minahasa Utara dan sekitarnya,” harap Gubernur Olly.

Dondokambey menuturkan, pengolahan sampah ini akan menjadi energi listrik10 MW untuk 1000 ton sampah per hari.

“Selain itu hasil dari pengolahan sampah ini akan menjadi energi melalui PLTSa dimana listrik yang dihasilkan mencapai 10 MW untuk 1000 ton sampah per hari,” tutur Gubernur Olly sembari memohon doa dan dukungan semuanya. (***)

About Author: Redaksi SulutHebat

Gravatar Image
Media informasi dan pembelajaran segala sessuatu tentang potensi Sulawesi Utara yang sangat habat.