• Sat. Dec 4th, 2021

Angkat Budaya Daerah, Desa Laikit Gelar Festival Seni dan Budaya

ByRedaksi SulutHebat

Nov 19, 2021

Minut, Suluthebat.com – Pemerintah Desa Laikit Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut) gelar Festival Seni dan Budaya Laikit 2021 selama 2 hari yakni 18-19 November 2021 di lapangan SMA Dimembe.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Minut Audy Sambul selaku mewakili Bupati dan Wabup Minut Joune Ganda dan Kevin W Lotulung.

Dalam sambutannya, Kadis Audy Sambul mengatakan, selaku Pemerintah Kabupaten Minut, kami mengapresiasi atas kekompakan dan kreasi dari masyarakat Desa Laikit, walaupun di era globalisasi, akan tetapi sampai saat ini masih mempertahankan adat dan kebudayaan daerah secara turun temurun.

“Tentunya ini sangat luar biasa bagi kami sebagai pemerintah, masyarakat Desa Laikit sampai saat ini terus mempertahankan adat dan kebudayaan,” tuturnya.

Selanjutnya, Kadis Pariwisata Audy Sambul, Ketua DPRD Minut Denny Lolong dan Kepala Balai Pelestarian Budaya Provinsi Sulut, Apolos Marisan memukul tatengkoren sebayak tiga kali secara bergantian, tanda dibuka dengan resmi acara Festival Seni dan Budaya Laikit 2021.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Veysi Karuntu SPd menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana mengembangkan potensi budaya yang ada di Desa Laikit yang bisa menjadi nilai jual.

“Contohnya seperti budaya Dumia Umbanua Laikit (atur kampung) yaitu mengatur kampung dimana masyarakat bisa melihat apakah pendapatan itu baik secara tahunan, apakah akan terjadi bahaya di kampung, cuaca baik atau buruk dan itu bisa dilihat melalui acara ritual adat yang dilakukan oleh para pemangku adat,” jelas Karuntu.

Lebih lanjut Karuntu mengatakan, rencana kedepannya akan di bangun teater kecil di Desa Laikit untuk pegelaran seni dan budaya agar menjadi tontonan masyarakat luas.

“Semoga rencana ini bisa berjalan dengan baik, untuk mengembangkan seni dan kebudayaan Desa Laikit agar bisa dilihat oleh semua orang. Apalagi Desa Laikit adalah Desa Budaya yang menjadi penyangga Kek Pariwisata Likupang.” ucap Karuntu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Dimembe Ansye Dengah, Hukum Tua Desa Laikit Ferry Koloay, para pemangku adat dan undangan lainnya.
(Vivi)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...