• Tue. Oct 19th, 2021

Mantapkan Visi Misi Olly – Steven, Tim Pemenangan Bahas Isu Ekonomi

Byadmin

Sep 23, 2015 ,

Manado, SULUTHEBAT.com – Guna memantapkan visi misi Calon Gubernur – Wakil Gubernur Olly Dondokambey – Steven Kandouw(ODSK), Tim pemenangan ODSK menggelar diskusi ekonomi, bertempat di Sekretariat Olly Steven, Jumat (18/9).

Dipandu Ketua Tim Relawan Olly – Steven, Teddy Kumaat, diskusi menyorot berbagai pilar ekonomi Sulut yang memerlukan penataan dan perbaikan dengan menghadirkan praktisi ekonomi nasional Anton Supit sebagai nara sumber.

Beberapa sektor yang menjadi sentra perhatian di antaranya sektor pertanian dan perikanan, perdagangan dan jasa, serta pariwisata.

Anton Supit mengungkapkan sejauh ini fakta di lapangan berdasarkan kebijakan dan praksisnya, Sulawesi Utara sejauh ini masih akan mengandalkan sektor pertanian dan perikanan. Sementara sektor jasa perdagangan dan pariwisata masih menjadi alternatif pilar penopang.

“Faktanya, sektor pertanian dan perikanan masih menjadi andalan dan prioritas. Selain karena banyak tenaga kerja yang terserap di sana, juga potensi itu tersedia. Untuk sektor jasa perdagangan dan pariwisata, itu menjadi alternatif namun harus dimaksimalkan,” katanya.

Atas dasar itu, Supit mengatakan jika Pak Olly Dondokambey dan Pak Steven Kandouw terpilih sebagai pemimpin Sulut, akan tetap berhadapan dengan persoalan-persoalan ekonomi pertanian.

“Tetapi juga tidak bisa mengabaikan sektor jasa perdagangan dan pariwisata,” tukasnya.

Soal peluang yang bisa didapat dari apa yang dikenal dengan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), Anton Supit mengatakan, KEK itu bukan proyek tetapi semacam legalisasi untuk investasi.

“Artinya, investasi ke KEK itulah yang menjadi inti, apakah kita mampu menghadirkan investor di situlah persoalannya,” ujarnya.

Sementara Teddy Kumaat mengatakan hasil diskusi ini akan ditindaklanjuti agar dapat makin memperkuat cita-cita ekonomi calon pemimpin Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Senada dengan itu, Veldy Reynold Umbas, pemrakarsa diskusi mengatakan, diskusi seperti ini akan terus dilakukan untuk menjadi bagian persiapan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw menjadi pemimpin Sulut ke depan.

Hadir dalam diskusi itu, sejumlah pakar ekonomi, praktisi bisnis, dan kalangan profesional Sulut.