• Tue. Oct 19th, 2021

Sambut HUT Kota Manado ke-392, Balai Arsip dan Perpustakaan Gelar Lomba Untuk Pelajar

Byadmin

Sep 23, 2015 ,

Manado, SULUTHEBAT.com – Dalam rangka memperingati Hut kota Manado ke-392, Kantor Arsip dan Perpustakaan kota Manado mengadakan Lomba Bercerita Siswa/Siswi Sd/Mi Tingkat Kota Manado yang dilaksanakan di ruang Toar Lumimuut,Selasa (26/5).

Assisten III Kota Manado Dra.Henny Giroth dalam arahannya mengatakan kegiatan ini wujud kepedulian terhadap pendidikan anak sekaligus menumbuhkan minat baca dan memunculkan kepedulian pelajar dalam mengenal cerita daerah yang dapat di pedomani dalam kehidupan sehari hari, sehingga membentuk karakter berdasarkan kultural serta melestarikan budaya daerah melalui bercerita dan mengasah kepercayaan diri pelajar.

Sementara itu Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Manado Jeane Purukan menyampaikan, keprihatinannya terhadap berkurangnya pola pendidikan anak di sekolah terutama di rumah melalui bercerita , malah sekarang lebih banyak pendidikan di dapatkan anak melalui media televisi yang kurang pas dengan perkembangan anak karena mengangkat tema yang terkadang bertolak belakang dengan kenyataan dan cenderung negatif.

Sementara itu yang menjadi kriteria penilaian lomba menurut salah seorang juri Oni sapaan akrabnya mengatakan ,penguasaan materi cerita yang komunikatif, percaya diri peserta, memanfaatkan bahasa verbal dan non verbal, kemudian teknik bertutur dengan intonasi, artikulasi dan warna suara yang baik, kemudian kreativitas dalam mengolah penyampaiaan cerita. Adalah hal yang harus diperhatikan oleh para peserta.

Hasil selengkapnya lomba bercerita tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kota Manado adalah.

Juara 1.Kyara Mocodompis dari SD Kristen Eben Heazer 2
Juara 2. Jenifer Laluyan dari SD Katholik Don Bosco
Juara 3. Joyseillin Rachola Pioh dari SD GMIM 23
Juara Harapan 1. Rivo Rumambi dari SD GMIM 54
Juara Harapan 2. Intan Falencia dari SD Katholik 16
Juara Harapan 3 .Virgi Erani Liusanda dari SD Advent 6 kairagi.

Dan pemenang dari lomba bacerita ini yaitu Kyara Mocodompis akan diikutkan dalam lomba bercerita tingkat propinsi. Kyara yang juga putri sulung dari dua bersaudara Kabag Humas Kota Manado Franky Mocodompis mengatakan sangat senang karena bisa memperoleh juara pertama,karena sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari berbekal pengalaman mengikuti lomba yang serupa pada tahun lalu,dan materi yang dibawakannya juga sudah dilatihnya.