• Wed. Oct 20th, 2021

Kuntag: Pak Olly Pasti Angkat Sektor Pertanian

ByRedaksi SulutHebat

Sep 25, 2015

MANADO. Suluthebat. SULAWESI Utara memiliki beragam produk pertanian yang berkualitas. Sayang sejauh ini potensinya belum dimaksimalkan. Padahal, sektor pertanian bisa memberi sumbangsih yang signifikan pada perekonomian daerah Demikian benang merah yang terungkap dalam Focus group discussion (FGD) Sulut Hebat yang digagas oleh Team Pemenangan Olly Dondokambey Steven Kandow (OD-SK).

“Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan produk pertanian. Misalnya dengan menyalurkan pupuk berkualitas tinggi. Juga melakukan upaya yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya gagal panen. Jika itu dilakukan, laba yang didapatkan petani akan semakin besar,” ungkap Marietta Kuntag, salah satu peserta diskusi.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sulut itu kemudian mencontohkan sisa-sisa olahan kelapa yang tidak terpakai oleh petani kelapa. Material sisa olahan produk kelapa ini bisa dijadikan kerajinan tangan, jika petani atau masyarakat diberi pelatihan yang memadai.

“Contohnya di Kalimantan. Batok kelapa bisa menjadi kerajinan bermutu tinggi, diolah menjadi hiasan, perabotan, dan dijual dengan harga selangit,” kata Kuntag. Pemerintah Sulut diharapkan bisa mengadopsi hal tersebut, karena di wilayah Nyiur Melambai ini banyak sisa-sisa produk pertanian yang dapat dikembangkan untuk kebutuhan industri.

“Kita berharap, jika pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandou yang diusung oleh PDI-P dipercaya rakyat Sulut menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, keduanya bisa melakukan berbagai cara guna memaksimalkan produk pertanian. Saya yakin Pak Olly bisa mengingat beliau juga sangat senang bertani,” kata Kuntag. Kuntag yakin pasangan Olly Dondokambey dan Steven kandou bisa melakukan itu mengingat kapasitas Olly yang merupakan tokoh nasional, dan memiliki hubungan langsung dengan pemerintah pusat.**(FO)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...