• Thu. Oct 28th, 2021

Panggil Dirut PLN, Olly Harap Listrik Sulut Dibenahi

MANADO. SULUTHEBAT.com. Pemadaman listrik yang terus terjadi di Sulawesi Utara membuat banyak pihak gerah, tak terkecuali Olly Dondokambey yang juga ketua fraksi PDIP DPR RI, Rabu (7/10), mengatakan bahwa masalah listrik di Sulawesi Utara harus segera diatasi karena ini sangat terkait dengan hajat hidup orang banyak.

Menurut Olly, pihaknya akan memanggil dirut PLN terutama yang terkait dengan listrik di Sulawesi Utara yang terus-menerus mengalami masalah pemadaman, agar dicarikan jalan keluar. “Melalui teman-teman di fraksi dan di pemerintahan, kami minta agar PLN serius benahi krisis listrik di Sulawesi Utara. Kita sadar ini bukan sepenuhnya kesalahan PLN, tapi mereka harus lebih proaktif, mencarikan solusi agar masalah listrik ini tidak menimbulkan dampak ekonomi seperti sekarang ini,”tutur Olly.

Karena itu, kedepan, pemerintah nasional maupun daerah harus merencanakan pembangunan infrastruktur listrik dengan melakukan penambahan daya serta optimalisasi sumber daya alam seperti panas bumi, energi matahari, dan gelombang laut. Menurutnya clean energi atau energi terbarukan sangat potensial dikembangkan di Sulawesi Utara, sehingga Sulut tidak perlu lagi mengalami krisis listrik.

“Kita punya potensi panas bumi yang sangat besar, dan ini sedang kita upayakan melalui dana penyertaan modal pemerintah bekerja sama dengan swasta dan perusahan daerah yang nanti dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama pembelian listrik oleh PLN. Kalau ini kita lakukan, 5 tahun kedepan Sulut kita pastikan bebas dari pemadaman, dan kalau bisa, Sulut bisa surplus listrik untuk bisa disuplai ke daerah lain,”ujar Olly Dondokambey.***

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...