• Sat. Oct 23rd, 2021

Olly: Lanjutkan Tradisi Ngaasan Tou Minahasa

ByRedaksi SulutHebat

Nov 2, 2015

Sejarah perjalanan Tou Minahasa yang sudah sangat panjang sarat dengan berbagai peran Tou Minahasa di berbagai bidang di negara ini. Karena itu sejarah Indonesia tidak lepas dari keterlibatan orang-orang Minahasa. Sebut saja, mulai dari sumpah pemuda, hingga jaman revolusi kemerdekaan.

Pada acara wisuda UKIT AZR Wenas, ketua dewan penyantun, Olly Dondokambey dalam sambutannya menegaskan agar mengembalikan spirit ngaasan atau spirit intelektualitas Tou Minahasa yang sudah ada sejak jaman kolonial. Menurutnya, sudah sejak jaman itu orang Minahasa sudah berperan besar, bahkan ketika jaman Bung Karno terdapat sejumlah nama besar seperti Dr. Sam Ratulangi, Mr. A.A Maramis, L.N. Palar, dan masih banyak lagi yang ikut aktif dalam pemerintahan.

“Karena itu kita sangat mengharapkan lembaga pendidikan di Sulawesi Utara untuk lebih berupaya lagi meningkatkan kualitasnya, lahirkanlah Ratulangi, Maramis, Palar yang baru. Yang nanti mampu bersaing hingga ke level nasional bahkan internasional,”tantang Olly Dondokambey.

Ia pun menantang kepada para dosen-dosen yang ingin melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti strata 3, nanti akan disupport sepenuhnya tanpa ikatan dinas. Hal ini tentu akan semakin membuat potensi SDM di Sulawesi Utara semakin berkembang. ***

 

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...