• Sun. Dec 5th, 2021

Pasangan Olly-Steven Dinilai Dominan dalam Debat Pilgub Sulut

ByRedaksi SulutHebat

Nov 23, 2015

Pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandow dinilai mendominasi debat kandidat gubernur Sulawesi Utara yang diselenggarakan oleh KPUD Sulut, Sabtu (21/11).

Debat yang digelar di Convention Hall, Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, membawa tema Kemaritiman, Wilayah Perbatasan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pengamat Politik Universitas Indonesia juga merupakan Direktur Lembaga Pemilih Indonesia, Boni Hargens, memberi penilaian terbaik untuk Olly-Steven.

Ada tiga indikator yang dipakai dalam penilaian yaitu general performance (penampilan umum), content (isi materi penyampaian), dan issue management (manajemen isu).

Dari tiga pasangan calon yang tampil, Olly-Steven mendominasi dalam semua indikator penilaian dengan total skors 9,5 dalam skala 0-10 dengan 0 terburuk dan 10 terbaik. Lalu disusul pasangan Beni Mamoto-David Bobihoe dengan total skors 8,7 dan pasangan Maya Rumantir-Glenny Kairupan dengan skors 7,3.

“Pasangan Olly-Stevan sangat kuat dalam menyampaikan konten visi dan misi mereka. Juga konsisten dalam manajemen isu dari awal sampai akhir debat. Kelebihan lain, pasangan ini tidak punya tendensi menyerang lawan sebagaimana cendrung dilakukan pasangan Maya-Glenny dan Beni-David,” ujar Boni, Sabtu (21/11) malam.

Lebih lanjut, relawan Jokowi-JK ini juga menilai, pasangan Beni-David sebenarnya bagus dalam hal konten tetapi mereka tidak konsisten dalam argumentasinya. Menurutnya, pasangan Beni-David cukup kritis tetapi mereka tidak konsisten.

“Manajemen isu juga kurang terstruktur dengan baik. Pasangan ini terlalu kuat dengan pendekatan hukum sehingga mereka lupa bahwa mereka calon kepala eksekutif dimana pendekatan politik dan society-based juga penting sekali,” ungkap Boni.

Pengamat sosial dari Universitas Sam Ratulangi, Ridwan Lasabuda mengungkapkan hal senada. Menurut Ridwan pasangan Olly-Steven malam ini tampil dengan cerdas.

“Mereka memahami betul permasalahan yang ada dan strategi mengatasinya. Selain itu, mereka berhasil memadukan pendekatan lokal dengan pendekatan nasional dalam merancang pembangunan Sulawesi Utara,” tandas Ridwan. (*)

Sumber: Berita Satu

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...