• Tue. Oct 19th, 2021

OD-SK Dorong Penerapan Blue Economy

ByRedaksi SulutHebat

Nov 25, 2015

KALAWAT, 14 NOVEMBER 2015 – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 1, Olly Dondokambey dan Steven Kandou (OD-SK), mendorong penerapan konsep blue economy atau ekonomi biru di Sulawesi Utara (Sulut).

Perlu diketahui bahwa pengertian ekonomi biru mencakup pengembangan perekonomian yang tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan, serta mampu meningkatkan pengembangan sumber daya alam di sektor kelautan secara berkelanjutan.

“Artinya, blue economy menganut konsep zero waste atau tanpa sampah. Dimana sangat diperlukan teknologi yang akan mengelola perekonomian secara optimal bagi kesejahteraan rakyat Sulawesi Utara,” ujar Calon Gubernur Sulut Nomor urut 1, Olly Dondokambey, dalam Debat Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulut, di Hotel Sutan Raja, Kalawat, Minahasa Utara, Sulut, Sabtu (14/11/2015).

Olly menuturkan, keseimbangan antara percepatan pembangunan dan keserasian lingkungan hidup harus menjadi prioritas yang tidak bisa ditawar. Sehingga Sulut menjadi Rumah Besar yang indah untuk dikunjungi, nyaman dan sehat untuk didiami, serta asri dan lestasi untuk dinikmati.

Itu sebab, lanjut Olly, kualitas lingkungan yang baik akan memperkuat sektor pariwisata, pertanian, perikanan, yang gilirannya akan berkontribusi pada penguatan ekonomi daerah.

“Penting untuk menyertakan kajian lingkungan yang komprehensif, pemantauan kesehatan lingkungan, restorasi ekosistem dan perbaikan kualitas lingkungan hidup,” tambah Olly.

Konsep Blue Economy

Olly mengatakan, konsep blue economy berupaya untuk menyeimbangkan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat serta keadilan sosial yang mampu menghilangkan berbagai dampak negatif yang mungkin timbul dari geliat perekonomian daerah. Karena setiap kali ada pertumbuhan ekonomi, selalu merugikan lingkungan hidup.

“Namun dengan konsep blue economy, OD-SK akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulut dengan mengurangi dampak negatif yang tercipta. Itu tekad kami, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Nomor Urut 1,” tandas Olly.

Ia menambahkan, OD-SK akan melakukan percepatan pertumbuhan dengan prinsip kelestarian hasil. Artinya, keuntungan yang akan diambil tidak boleh melebihi kemampuan alam untuk memulihkan diri. Intinya, langkah ekplorasi dan eksploitasi harus dilakukan hanya pada taraf optimal dimana lingkungan bisa memulihkan diri kembali. Sehingga tercipta keseimbangan alam yang diharapkan.

“Dalam hal ini, kita akan mengikuti aturan main dan payung hukum perundang-undangan yang berlaku melalui konsepblue economy,” tutup Olly.

Sumber: Suara Manado

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...