• Thu. Dec 2nd, 2021

Olly Bertekad Wujudkan Desa Mandiri

ByRedaksi SulutHebat

Nov 27, 2015

PASANGAN calon gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandou bertekad mewujudkan desa mandiri, jika dipercaya rakyat memimpin Sulawesi Utara (Sulut). Desa mandiri merupakan implementasi Tri Sakti yang digagas Bung Karno, yang masih aktual untuk diterapkan di era modern.

Hal ini diungkap Olly Dondokambey ketika menyampaikan kuliah umum kepada ratusan mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (26/11) siang.

Pemerintah pusat, kata Olly sudah berupaya mewujudkan desa mandiri dengan menyalurkan dana desa. Untuk itu diperlukan kesiapan aparat supaya dana yang disalurkan itu tidak disalahgunakan.

“Sampai sekarang banyak keluhan bupati kepada presiden terkait penyaluran dana desa. Para bupati takut jika disalahgunakan. Tapi program dana desa ini harus tetap berjalan karena sudah diputuskan,” ujar Olly pada kuliah terbuka yang juga dihadiri Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Kumaat MSc. DEA, Dekan Fakultas Pertanian Unsrat, Prof. Dr. Ir Jantje Pelealu MS, Dr. Ir Semuel Ratag MP, Pdt. Herman Latuihamalo STh, Dr. Frangky Paat SP. MSi, Dr. Ferol Warouw SH. ST. M.Eng dan sejumlah akademisi.

Jika terpilih memimpin Sulut, lanjut Olly, pihaknya akan memberi perhatian khusus pada sistem pengelolaan manajemen dana desa. Supaya dana yang disalurkan bisa tepat guna. Pada gilirannya, rakyat di pedesaan akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Jadi bagaimana mekanisme dan teknis penerimaan dan pengelolaan dana desa sangat penting. Dana desa harus dikelola untuk melaksanakan program pembangunan di desa secara berkesinambungan guna mewujudkan desa yang semakin maju dan mandiri,” kata Olly.

Pada bagian lain, Olly mengimbau para mahasiswa untuk kelak tidak melupakan daerah asalnya, termasuk mereka yang berasal dari pedesaan. Mahasiswa, kata Olly, harus menjadi ujung tombak pembangunan di Sulut, yang bisa dimulai dari desa. (*)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...