• Sun. Dec 5th, 2021

BPN Sulut Kejar Target Penyelesaian 25 Sengketa Tanah

ByRedaksi SulutHebat

Jan 6, 2016 ,

BPN PUSATSebanyak 25 sengketa tanah menjadi target Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Utara (Sulut) Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk penyelesaiannya sebagaimana target yang diberikan BPN Pusat. Kepala Seksi Pengkajian, Penanggulangan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kanwil BPN Sulut, Mochamad Sauki, SH, MH menuturkan pada 2014 lalu juga, BPN Pusat memberikan target yang sama dengan tahun ini,” tutur Sauki kepada SulutHebat.com, Rabu(6/1) diruangannya.

Sauki mengatakan, bahwa sengketa tanah yang terjadi di Sulut itu dari tahun 2014 hingga 2015 masih sama jumlahnya. “Target dari pusat untuk belum berubah, dan untuk dua tahun berjalan prosesnya di Kanwil BPN Sulut telah kunjung usai,” jelas Sauki.

Dijelaskan Sauki, sengketa tanah memiliki tiga kategori.┬áPertama penanggulan sengketa tanah, konflik dan perkara. “Kemudian untuk sengketa sendiri juga ada beberapa tipologi, yaitu sengketa batas, kepemilikan, batas, pewarisan, dll,”ujar Sauki. Tambahnya,saat ini masalah kompleks adalah masalah tanah adat pasini(hak kepemilikan)” Karena yang terjadi ada yang tercatat di register tanah.

Tapi bukan pemiliknya. Menurutnya, ini dikarenaka, ada kesalahan dari desa atau kelurahan dari pemerintah setempat tidak teliti dalam mendata.” Seharusnya jika desa atau kelurahan, telah mencatat dengan detail. Sementara itu juga, dia menuturkan, terjadi sengketa tanah karena, pemiliknya tidak menguasai fisik. “Artinya, kepemilikan tidak berdomisili di Sulawesi Utara tapi berada diluar daerah,”ujar Sauki. Harapnya, pada tahun ini, jika ada register dari desa atau kelurahan.

Pihak yang mendata sudah seharusnya mengambil data secara detail agar valid. Supaya pada tahun ini, tidak lagi menjadi maslah yang sama.” Harus dengan masalah-masalah tahun lalu, harus jadi rekomdasi kritis terhadapa yang memasukan data diregister tanah,”tutup Sauki. (RefahLiem)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...