• Thu. Dec 2nd, 2021

Aksi #kamitidaktakut Berlangsung Spektakuler

ByRedaksi SulutHebat

Jan 15, 2016

JAKARTA – SULUTHEBAT.com. Paska ledakan Sarinah Plaza, Arus Bawah Jokowi (ABJ) meninjau lokasi peristiwa yang menewaskan 7 orang tersebut. Dewan Pengurus Pusat (DPP) ABJ yang diketuai  Veldy Umbas bersama pengurus dan relawan Jokowi serta elemen warga lainnya mengadakan aksi simpati dengan menyuarakan slogan hastag ‘#IndonesiaTidakTakut’, Jumat (15/1/2016)

Dengan membawa sepucuk tangkai bunga mawar, aksi simpati tersebut sempat terekam media. ABJ bersama kelompok warga lainnya dari berbagai elemen berdiri di depan gerai Starbucks Thamrin, Jakarta Pusat menggalang gerakan ‘#IndonesiaTidakTakut’, ‘#KamiTidakTakut’, dan  ‘#WeAreNotAfraid’ melalui sosial media. Selain mengajak warga untuk tidak takut melawan teror, mereka juga menggelar tabur bunga di lokasi kejadian dan mengheningkan cipta sebagai wujud dukacita atas jatuhnya korban jiwa.

“Ini merupakan aksi simpati sebagai wujud solidaritas atas teror bom dan penembakan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab di Sarinah, dengan menggelar tabur bunga, ” ujar Veldy Umbas salah satu penggagas aksi simpati ini.

Veldy Umbas_Aksi Simpati Teror Bom Sarinah-4
Veldy Umbas saat di wawancarai media.

 

Tokoh agama Romo Magnis Suseno yang hadir dalam acara tersebut juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, aksi terorisme bukanlah bagian dari agama apapun. “Kita tidak lagi takut menghadapi teror. Teror bukan bagian dari agama,” tegasnya.

Sebelumnya Raja Antoni salah satu penggagas dalam akun twitternya mengajak warga Jakarta menyampaikan simpati dan ketidaktakutan atas peristiwa ini. “Yang paling penting adalah bagaimana kita melawan teror itu dengan ketidaktakutan kita. Sebuah teror akan berhasil jika mereka yang diteror merasa takut. Kita harus lawan dengan aktivitas seperti biasa, tapi tetap waspada,” kata Raja Antoni, doktor lulusan University of Queensland, Australia yang juga mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Veldy Umbas_Aksi Simpati Teror Bom Sarinah-2Setelah orasi singkat, aksi simpati kemudian dilanjutkan dengan membagi-bagikan mawar yang dibawanya kepada masyarakat yang melintas, kemudian melakukan tabur bunga di depan gerai Starbucks, mereka juga lantas menundukkan kepala untuk mendoakan para korban yang tidak bersalah. Acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (hmk/ref)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...