• Sat. Oct 23rd, 2021

Mendagri: Pelantikan Gubernur Terpilih Secepatnya, OD-SK Bersiap Diri

ByRedaksi SulutHebat

Jan 17, 2016

JAKARTA-SULUTHEBAT.com. ESENSI Pilkada Serentak bakal kehilangan makna bila pelantikannya terlalu lama. Hal ini diungkapkan Menteri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, saat menghadiri Silahturahmi Nasional Partai Nasdem di Nusa Dua, Bali, Sabtu (16/1/2016) malam.

Ia mengatakan, pihaknya akan melantik para kepala daerah terpilih 9 Desember 2015 pada pertengahan Februari 2016 mendatang.

“Mudah-mudahan pilkada di daerah yang enggak ada sengketanya di MK, mudah-mudahan paling lambat pertengahan Februari. Harapan saya, kemudian yang sengketa pilkada kalau memang bisa dipercepat,‎” jelas Tjahjo.

Dia menyatakan, pihaknya tidak ingin terlalu lama melantik para kepala daerah terpilih agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di daerah dan roda pemerintahan di daerah bisa terus berjalan.‎

“Apa pun ada UU yang mengatur, saya kira kalau terlalu lama justru peran pilkada serentak 9 Desember itu enggak ada maknanya. Termasuk Plt pejabat kepala daerah kalau terlalu lama sangat mengganggu keputusan politik pembangunan di daerah,” tandas Tjahjo.

Sementara, dari sumber terpercaya, Pelantikan OD-SK juga sedang dipersiapkan tinggal menunggu proses di MK yang sudah jelas-jelas sulit diterima karena kemenangan OD-SK yang sangat signifikan. (Denny)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...