• Wed. Oct 27th, 2021

Gangguan Interkoneksi Sulutgo, Listrik Padam 24 Jam

ByRedaksi SulutHebat

Jan 18, 2016

PLNListrik di Sulawesi Utara (Sulut) kembali berulah, kali ini sungguh keterlaluan. Pasalnya listrik di Sulut padam sejak Sabtu (16/1) dan hingga lebih dari 24 jam belum juga menyala.

Atas pemadaman ini PLN berkilah terjadinya gangguan suplai listrik. Beredar di medsos permohonan maaf dari PLN sebagaimana ditemukan Rica-Rica.com.

Mohon maaf sebelumnya, atas terganggunya sementara suplai listrik. Info bahwa tadi sekitar jam 14.28 WITA terjadi trip (gangguan) di sisi pembangkit, dan daya listrik yg hilang cukup besar sehingga menyebabkan daya suplai pembangkit ke sistem Sulawesi Utara dan Gorontalo terganggu.

Teman-teman di Area Pengatur dan Pengendali Beban (AP2B) Minahasa sedang melakukan upaya penormalan sistem, sehubungan dengan terjadinya gangguan pasokan listrik di sistem kelistrikan Sulawesi Utara & Gorontalo pada hari ini, Sabtu (16/1) siang, maka dengan ini disampaikan permohonan maaf dan juga sedikit informasi terkait penyebab listrik padam sebagai berikut :

  1. PLN menyampaikan permohonan maaf atas kejadian gangguan listrik pada sistem interkoneksi 150 kV Sulawesi Utara & Gorontalo.
  2. Sistem kelistrikan Sulawesi Utara & Gorontalo sejak pukul 14.30 WITA, Sabtu (16/1) siang, mengalami gangguan suplai listrik. Gangguan ini di sisi transmisi, sehingga menyebabkan sistem kelistrikan Sulawesi Utara & Gorontalo operasi terpisah (isolated).
  3. Upaya pemulihan suplai listrik pada sistem kelistrikan Sulawesi Utara & Gorontalo terus dilakukan secara bertahap.
  4. Hingga saat ini, pukul 21.51 WITA, pasokan listrik belum sepenuhnya pulih.
  5. PLN Suluttenggo memohon maaf atas kejadian ini. Semoga upaya pemulihan dapat berjalan dengan secepatnya.

Dermawan Uloli

Supervisor Humas PLN Wilayah Suluttenggo

Sayangnya pengumuman resmi dari PLN tidak disosialisasikan ke media. Sehingga pemadaman yang terjadi lebih dari 24 jam mendapat kecaman dari berbagai elemen masyarakat. (hmk)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...