• Thu. Dec 2nd, 2021

Listrik Padam 24 Jam, Dunia Usaha Rugi!

ByRedaksi SulutHebat

Jan 18, 2016


MANADO-SULUTHEBAT.com. SEKTOR
 industri rumah tangga di Sulawesi Utara terpukul dengan adanya pemadaman listrik yang terjadi cukup lama dalam sehari. Sejak Sabtu (16/1/2016) listrik padam hingga lebih dari 24 jam.

“Setiap hari listrik padam, bukan hanya dua jam tapi kali ini sampai 24 jam,” kata Henny (30) pelaku usaha industri rumah tangga di Desa Watutumou, Kabupaten Minahasa Utara, Minggu (17/1/2016)

Dia mengatakan, pemadaman ini memang sudah berlangsung cukup lama sejak tahun lalu, tapi bisa dipahami karena sesuai jadwal PLN hanya sampai empat jam dalam sehari untuk pemadaman bergilirnya.

“Kami bisa maklumi kalau hanya empat jam tapi kali ini sungguh sudah keterlaluan, sudah 25 jam pemadamannya,” jelasnya.

Terus, katanya, yang buat lebih kesal PLN tidak memberitahukan apa ada gangguan atau seperti apa.

Hal yang sama juga dikeluhkan pelaku industri rumah tangga lainnya di Kota Manado, Yuvita (38) mengalami kerugian karena harus menghentikan produksi saat listrik padam.

“Industri rumah tangga memang hanya bergantung pada listrik subsidi, kami belum mampu untuk membeli genset,” katanya.

Jika produksi terus menurun maka pihaknya tidak akan mendapatkan keuntungan, bahkan bisa sampai menutup usaha.

“Ada begitu banyak order atau permintaan yang kami tolak karena takut tidak mampu penuhi akibat pemadaman listrik yang cukup lama ini,” katanya.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Alwy Pontoh mengatakan industri rumah tangga akan merasa terpukul jika pemadaman listrik aering dilakukan.

“Industri rumah tangga hanya mampu bergantung pada listrik subsidi dari PLN, dan omzet mereka belum sanggup membeli genset,” jelasnya.

Dia berharap PLN akan secepatnya mengatasi permasalahan ini karena akan berdampak besar ke sektor riil, otomatis akan mengganggu perekonomian daerah.

General Manager PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) Baringin Nababan mengatakan ada gangguan transmisi dari Gorontalo menuju Minahasa sehingga terjadi pemadam yang cukup lama.

“Saat ini petugas PLN sementara melakukan perbaikan dan secepatnya akan kembali normal,” katanya melalui Humas PLN Suluttenggo Dermawan Uloly. (hmk)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...