• Tue. Oct 19th, 2021

PLTG Apung MVPP Mulai Suplai, Listrik Sulut Berangsur Pulih

ByRedaksi SulutHebat

Jan 20, 2016

MANADO, SULUTHEBAT.COM – Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono MDM menuturkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Apung dari kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP), akan resmi beroperasi pada 27 Januari nanti. Artinya, Sulut tidak akan defisit listrik lagi, Selasa (19/1/2016).

Menurut Sumarsono, saat ini suplai listrik dari kapal pembangkit apung ini sudah beroperasi targetnya dapat menyuplai 20 MW. PLN menargetkan 23 Januari nanti semua mesin sudah terinstal dengan baik. “Saya ingin semuanya berjalan dengan baik sehingga tidak lagi ada keluhan ataupun kendala yang menyebabkan terganggunya listrik ini nanti, saya pikir tanggal 27 Januari bersamaan dengan HUT Kabupaten Minsel PLTG ini dapat saya resmikan,” ungkapnya.

Terkait hal ini, General Manager PLN Suluttenggo Baringin Nababan melalui Supervisor Humas dan Bina Lingkungan PLN Suluttenggo Dermawan Amir Uloli menuturkan, pihaknya telah memperkirakan akhir Januari ini semuanya beres. “Untuk peresmiannya, kami juga telah perkirakan di 27 Januari nanti. Berdasarkan perkembangan saat ini, kapal MVPP sudah bisa beroperasi satu unit.

Walaupun total dayanya belum maksimal, baru 7 MW. Namun, esok (20/1) kami akan upayakan sudah boleh menyuplai listrik dengan total daya normal yaitu 20 MW. Diupayakan juga 1 unit mesin lagi beroperasi,” ujarnya. Disebutkan pula, Senin (18/1) lalu, PLTG Gorontalo sudah bisa beroperasi dua unit.

Saat ini, PLTG Gorontalo sudah mampu menyuplai 44 MW. Sehingga, saat ini system kelistrikan sudah mulai membaik. “Walaupun kami masih menunggu beroperasinya beberapa pembangkit. Namun, kami terus berupaya memulihkan sistem,” pungkasnya. (*)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...