• Sun. Dec 5th, 2021

PLTB Tahuna Rusak, GM PLN Janji Segera Diperbaiki

ByRedaksi SulutHebat

Jan 28, 2016

Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera memperbaiki kerusakan yang terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Tahuna, Kabupaten Sangihe. PLTB yang menggunakan kekuatan angin ini mengalami kerusakan dan tidak dapat dioperasikan, kata General Manager PLN Suluttenggo Baringin Nababan di Manado, Kamis (28/1/2016).

Menurut Baringin, pihaknya akan berusaha memperbaiki karena PLTB di Tahuna tersebut menghasilkan ketersediaan listrik sebesar 40KW.

Baringin mengatakan PLTB tersebut ada yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah setempat dan ada juga milik PLN, namun mengalami kerusakaan dan saat ini pengoperasiannya dihentikan.

“Kami akan berusaha memperbaikinya agar mampu menerangi masyarakat di sekitarnya,” jelasnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)/Angin menggunakan sistem konversi energi angin (SKEA) ke listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Seperti pada umumnya Negara tropis, kecepatan angin rata-rata di Indonesia terbilang kecil, hanya sekitar 3-5 m/detik. PLTB ini sebagai langkah pemerintah dalam pemanfaatan energi baru terbarukan karena keterbatasan sumber energi fosil (minyak, gas, dan batubara) dimana PLTB.

Kecepatan angin yang diperlukan untuk PLTB berada dalam kisaran 5-6 m/detik pada ketinggian pusat 10 m sehingga layak dikomersilkan. Hanya sedikit daerah di Indonesia dengan kecepatan angin cukup besar, kebanyakan di Nusa Tenggara. Potensi tenaga angin di Indonesia diperkirakan hanya sekitar 9.200 MW. (Hmk)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...