• Thu. Dec 2nd, 2021

Polres Bolmong Amankan Beberapa Warga Philipina

BOLMONG,SULUTHEBAT.COM – Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow, Kamis (28/1/2016) mengamankan para warga asing berkebangsaan Philipina, saat melakukan kegiatan di wilayah Bolaang Mongondow Timur.

Kepada wartawan, Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Anak Agung Gede Wibowo Sitepu SIK, mengatakan bahwa ke 10 dugaan warga asing yang berkebangsaan Philipna ini, diamankan karena berada di wilayah hokum Polres Bolmong, saat melakukan kegiatan sebagai nelayan. “Tadi siang kami amankan. Saat Polsek Nuangan sedang melakukan patroli dan di amankan saat berada di pantai Jiko,” kata Sitepu.

Lebih lanjut lagi, Sitepu mengatakan bahwa para warga asing yang diamankan ini, kesehariannya sebagai pekerja nelayan, yang dibawah perintah. “Mereka ini pekerja nelayan. Jadi orang yang memperkerjakan mereka. Dan menurut keterangan, mereka saat ini berdomisili di kota Bitung,” tambah Sitepu. Para warga asing berkebangsaan Philipina ini, dinilai melanggar Undang-Undang Keimigrasian. Yang saat ini akan Polres Bolmong, akan memeriksa dokumen-dokumen pendukung seperti paspord atau visa.

“Jadi akan kita liat mereka yang memiliki paspord atau tidak, memiliki Visa atau tidak. Dan akan dilihat dokumennya seperti apa. Akan kita pelajari jika dia punya Visa, Visanya untuk apa. Sebab untuk pekerja, itu ada visa tersendiri. “ terang, Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Anak Agung Gede Wibowo Sitepu SIK. Seperti diketahui, saat ini Polres Bolmong sementara akan berkoordinasi dengan pihakPolda Sulut dan koordinasi dengan Konjen Philipina di Sulawesi Utara yang ada di manado untuk dimintai keterangan, juga akan melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi.

Berikut Nama-nama yang di amankan: Binji Aurala 27 tahun Warga Keturunan Philipina, Lupito Mirontoneng 50 tahun warga Sanger Manalu, Jaki Kahinda 36 Tahun Warga Keturunan Philipina, Frangky Manansang 40 Tahun Warga Philipina punya Istri Warga Bitung Lorong Aer Tembaga, Sarli Badar 42 tahun Warga Philipina (Asli) Kapten Kapal Grasela, Alfi Dulacerna 18 Tahun Warga Philipina (Asli), Jefry Changmaung 26 Tahun Warga Philipina (Asli), Marcelino Kalinawan 37 Tahun Warga Philipna (Asli), Joy Rumeru 32 Tahun Warga Philipina (Asli), Angelo Adilang 50 Tahun Warga Philipina (Asli) Pembantu Kapten. (Ref)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...