• Thu. Dec 2nd, 2021

Tomohon Kota Lima Dimensi & Kota Berlibur

TOMOHON,SULUTHEBAT.COM – Kota Tomohon yang telah membilang usia ke-13 di tahun 2016 ini memiliki beragam julukan yang telah melekat di hati pubik dan masyarakatnya yang tercermin dari pola hidup dan tata pergaulan sehari-hari yang sopan dan ramah serta murah senyum.

Sebagai Kota Lima Dimensi yang merupakan bagian dari kota unik di Indonesia, Kota Sejuk kembali mendapatkan julukan baru yang tak kala pentingnya untuk mempertegas image dan magnet Kota Pendidikan yang telah melekat dan dapat disaksikan di Kota Religius, yakni Julukan Kota Tomohon yang di populerkan oleh Dr Sonny Sumarsono MDM selaku Penjabat Gubernur Sulawesi Utara yang juga adalah Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Sumarsono saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Kota Tomohon ke-13 yang bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tomohon, dalam sambutannya memberikan julukan baru untuk Kota Perdagangan yang adalah sebuah Kota Indah yang dimiliki Sulawesi Utara sehingga Gubernur menjulukinya “ Tomohon Kota Berhiber” yang artinya sangat cocok dengan kondisi Kota Pariwisata yaitu Kota Bersih, Kota Hijau, Kota Berbunga serta kehidupan sosial masyarakat penuh kedamaian menjadi potensi dari suatu kota yang harus terus di jaga dan dikembangkan.

Saat ini populasi Kota Agroindustri menyentuh 103.506 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1.99%, hal ini menunjukkan bahwa Kota Tomohon berada pada tingkat klasifikasi Kota Sedang dan berdasarkan tingkat perkembangan Kota masuk dalam kategori Kota Polis yaitu suatu daerah yang berkembang menjadi Kota yang masih memiliki sifat agraris. Hal ini pula yang membuat Kota Tomohon unik yakni Kota yang  sebagian besar penduduknya  bermata pencaharian sebagai petani.

Saat ini pertumbuhan ekonomi naik dari 6,09% menjadi 6,22% dengan PDRB nomimal yang menembus angka 2 triiun 6 ratus 94 mliar lebih. Di tahun 2016 ini, ekonomi kota optimis akan bergeliat dinamis dan bergairah, karena akan di stimulus oleh berbagai kegiatan skala besar yang menimbulkan dampak pertumbuhan antara lain penyelenggaran Tomohon International Flower Festival dengan tema “Enchanting Tomohon’ (Pesona Tomohon) dan produktivitas daerah dalam tahun berjalan ini dengan APBD 2016 menyentuh angka 645 milyar 788 juta lebih, kata Penjabat Walikota Sanny J Parengkuan MAP.

Selanjutnya untuk angka harapan hidup mencapai 72,95 tahun hal ini menunjukkan indikator derajat kesehatan yang baik dengan pola hidup bersih dan sehat. Dalam bidang infrastruktur jalan yang sudah di Hot Mix sampai dengan tahun 2015 mencapai 355,21 kilometer.

Begitu juga dengan jalan usaha tani yang telah terbangun pada tahun 2015 sepanjang 3.8 kilometer. Tentu di tahun 2016 ini akan terus kita tingkatkan pembangunan yang ada di segala bidang dengan berpatokan pada filosofi “semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”kata Kabag Humas & Protokol FF Lantang SSTP. (Ref)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...