• Wed. Oct 27th, 2021

Festival Parade Figura Dan Adat Mekiwuka Di Buat Saat Kunci Tahun

MANADO,SULUTHEBAT.COM –  Festival parade figura 2016 di ikuti oleh puluhan Masyarakt yang diadakan dinas kebudayaan Pariwisata ini menjadi perhatian warga Kota Manado. Ir Happy Korah MSi kepala dinas kebudayaan pariwisata membuka langsung kegiatan ini. Sabtu (30/1/2016).

Sebelum jalan mengelilingi Kota Manado. Terlebih dahulu dilakukan upacara adat Minahasa. Festival parade ini start di lapangan Koni hingga finish di Jalan Piere Tendean tepatnya di depan IT Center Manado.

Lanjutnya, upacara/gelar adat meki wuka lasim juga disebut dengan upacara “buka taon” (buka tahun) yang dirangkaikan dengan pertunjukan figura atau cakaiba. “Meki wuka (bahasa tombulu) artinya mohon di bukakan pintu atau sesuatu yang tertutup. Dimaknai sebagai permohonan kepada Tuhan kiranya dibukakan jalan bagi umatNya untuk memasuki atau menjalani tahun yang baru,” jelas Korah.

Serangkaian acara ini merupakan salah satu ucapan adat syukur dalam tradisi masyarakat Minahasa memasuki atau menjalani tahun yang baru. “Ini merupakan ungkapan rasa syukur atas pemeliharaan Tuhan di sepanjang tahun yang telah dilewati sehingga dengan selamat boleh menapaki lagi perjalanan hidup di tahun yang baru.” Katanya.

Dia mengatakan, sebagai wujud implementasi revolusi mental di bidang pembinaan, pengembangan dan pelestarian tradisi dan adat istiadat nilai-nilai luhur budaya. “Gelar adat meki wuka menjadi sebuah kekuatan pemersatu yang terus dipelihara dan dikembangkan sebagai bagian integral dari pembangunan Nasional Indonesia dalam memperkokoh jati diri dan karakter Bangsa Indonesia yang berdaulat, bersatu dan beradap.” Katanya.

‎Kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan Sulawesi Utara. Korah mengatakan “Saya berharap akan menjadi momentum penting dalam meningkatkan daya tarik wisata, sekaligus menjadi bukkti nyata dalam mendukung program ‘Marijo Ka Manado’.” (Ref)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...