• Thu. Dec 2nd, 2021

John Palandung Didorong Pimpin Sitaro

ByRedaksi SulutHebat

May 1, 2017
Gubernur Olly Dondokambey disambut hangat PLT Bupati Sangihe John H Palandung (JHP) setibanya di Bandara Naha.

 

SIAU – Birokrat handal asal Kabupaten Kepulauan Sitaro, John Heit Palandung (JHP) didorong maju di Pilkada Sitaro 2018 mendatang. Pamong senior ini dua kali dipercaya Gubernur Sulut menjabat Walikota Bitung dan Bupati Sangihe. Kepercayaan besar itulah sehingga JHP dinilai layak memimpin Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Pak John paling layak memimpin daerah berjulukan negeri 47 pulau ini. Kualitas serta pengalaman beliau selaku birokrat tidak diragukan lagi,” ungkap Gustaf Sasahang (41) kepada wartawan di Pelabuhan Ulu – Siau, Senin (01/05/2017).

Selain pernah menjabat PLT Walikota Bitung dan PLT Bupati Sangihe, John Heit Palandung terbilang birokrat yang banyak makan asam garam dalam dunia pemerintahan.

“Seluk beluk kepulauan Sitaro tidak asing bagi pak John (JHP). Beliau sangat akrab dengan masyarakat sehingga tidak heran masyarakat mendambahkannya memimpin Sitaro,”  tutur Sasahang.

Senada dikatakan Jonathan Kansil (44), bahwa sudah saatnya birokrat memimpin setelah 10 tahun dipimpin politisi Toni Supit.

“Sekarang giliran birokrat pimpin Sitaro. Kami mengendaki perubahan besar pembangunan daerah yang tulus. Dan kami sangat berharap dari itu terlahir dari tangan beliau,” tandas Jonathan.

Sementara rohaniwan John Ampahari mengatakan, rakyat mendambahkan pemimpin bertangan dingin ini. Dia menilai, John Heit Palandung pamong senior paripurna yang sudah dua kali dipercaya menjabat kepala daerah sehingga patut memimpin Sitaro.

“Apa yang dicapai pak John, semua sudah komplit. Mantan Sekda Sitaro, pernah Kepala Setwan DPRD Sulut, PLT Walikota Bitung, dan kini PLT Bupati Sangihe. Jadi saya pikir, beliau paling layak memimpin Sitaro,” urai Ampahari.

Dia menaparkan, sosok ini diterima baik seluruh lapisan masyarakat karena cukup memahami setiap detak nadi masyarakat.

“Dan itu sudah dibutikan beliau semasa menjabat Sekda Sitaro,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Ketua ODC (Olly Dondokambey Center) Ferry Wowor menyiratkan peluang John Heit Palandung terbuka lebar. Dia menilai, sosok ini bakal menjadi rebutan partai lain.

“PDIP tidak mau kebobolan lagi, dan kami akan mengusung calon yang diterima baik oleh masyarakat.  Pak John Palandung miliki peluang dicalonkan, tetapi yang pokok tergantung accesment internal  PDIP,” kata Wowor.

Jika JHP diusung PDIP, lanjut Wowor, maka tim ODC tidak akan tinggal diam.

“Kalau direkomendasikan oleh partai tentu kami akan mendukung sepenuhnya,” pungkasnya.(vanny)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...