• Sat. Dec 4th, 2021
Kegiatan budaya di lokasi Watu Lutau Tondei.

SULUTHEBAT.COM, Tondei – Kebudayaan saat ini menjadi viral di segala tempat tak terkecuali di Minahasa. Mengapa tidak, kebangkitan budaya hari ini menyadarkan bahwa hidup itu tak lepas dari kebudayaan.

Menurut Iswan Sual, ukung tu’a  (pemimpin ) Pinaesaan Tontemboan (PITON), membangun kebudayaan tidak harus dimulai dari perkotaan tetapi yang terpenting adalah memulai dari kampung. Hal itu diungkapnya dalam kegiatan Pendidikan Lanjutan Sanggar Tumondei Minahasa Selatan (STMS) di perkebunan Pilar, Tondei, Motoling Barat, Minahasa Selatan, pada Sabtu (10/06/2017).

Membangun kebudayaan, mesti dimulai dari kampung. Kalu kebudayaan di samua kampung so terbangun, ya sudah kebudayaan itu so kuat.” ungkap Sual saat memberikan materi Pendidikan Lanjutan STMS.

STMS dan PITON sebagai organisasi yang bergerak di bidang kebudayaan dan kreativitas tou (orang) muda Minahasa merasa terpanggil untuk memperjuangankan nilai-nilai budaya luhur yang mesti dijaga dan dilestarikan. Sehingga dalam upaya kerja budaya, basis yang paling nyata adalah semua perkampungan di Minahasa.

Dorang pikir dengan ada intruksi dari pemerintah terkait kong baru mo jadi tu kebudayaan Minahasa. Akar kebudayaan itu dari kampung karena itu torang musti mulai dari akar. Ini kita pe kesaksian bukang lai pendapat. Jadi ada baiknya kebudayaan brangkat dari kampung cuma kalu ada yang brangkat dari atas nda apa-apa nanti baku dapa di tengah.” ujar Sual. (YS)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...