• Sat. Oct 23rd, 2021

Perlu Perhatian Pemerintah, Danau Mala Memiliki Potensi Wisata

ByRedaksi SulutHebat

Jun 17, 2017
Kondisi Danau Mala. Foto: Allen

SULUTHEBAT.COM, Kawangkoan – Danau Mala merupakan danau yang ada di Desa Tondegesan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa. Letaknya terdapat di tengah persawahan masyarakat setempat. Selain memiliki fungsi untuk lahan pertanian, masyarakat juga menyadari adanya potensi wisata dengan begitu mereka mengharapkan perlunya perhatian yang lebih dari pemerintah terhadap danau tersebut.
Yance Mamesa yang adalah mantan Hukum Tua (Ukung Tu’a) Desa Tondegesan, ketika dikonfirmasi wartawan suluthebat.com di rumahnya pada Sabtu (17-6-2017), mengatakan harus ada upaya lebih lanjut untuk pengelolaan danau tersebut.
“Sebenarnya harus ada pengerukan untuk menambah debet air supaya jika musim kemarau air tetap stabil,” ujar Yance.
Ia juga menambahkan jika danau ini dikelolah secara serius dengan adanya kerja sama antara warga dan pemerintah maka bisa menjadi tempat wisata yang indah.
Kalo misalnya tu danau so ta ator boleh mo jadi tampa wisata,”tambahnya.
Hal ini juga dibenarkan oleh seorang warga yang melihat adanya potensi yang bisa menunjang perekonomian masyarakat jika danau ini diangkat menjadi tempat wisata.
Lebe bagus kalo tu danau itu mo jadi tampa wisata. Supaya boleh mo ba bantu pa perekonomian masyarakat,” kata sang mahasiswi yang tak mau disebutkan namanya. (allen)

Redaksi SulutHebat

Media informasi dan inspirasi pembangunan Sulawesi Utara yang semakin hebat...